10 Berita paling banyak dicari di internet selama 2013

Katakepo.blogspot.com – Banyak kejadian menarik dan menghebohkan terjadi selama tahun 2013 ini. Untuk itu, melalui kolom Zeitgeist-nya, Google mempublikasikan 10 berita populer selama tahun 2013 ini.

Untuk mendapatkan data tersebut, Google menggunakan 10 daftar pencarian tertingi selama 1 tahun dan juga melalui fitur-fitur pengumpul informasi seperti Trending People, Most-Searched Events dan Trending Searches dari 72 negara di dunia.

Berikut ke-10 daftar trending topik terheboh dan paling banyak dicari dalam satu tahun ini, dengan urutan dari nomor 10 ke 1.

1. Korea Utara

Beritaberita mengenai Korea Utara menduduki urutan ke 10 di daftar pencarian di Google selama tahun 2013. Hal tersebut dikarenakan banyak hal yang dilakukan oleh Korea Utara dan membuat heboh seperti contohnya memanasnya tensi antara Korea Utara dan Korea Selatan, peretasan, senjata nuklir sampai dengan produksi tablet pesaing Apple iPad.

Bahkan berita paling baru dan tak kalah menghebohkan adalah Kim Jong-un, pemimpin Korea Utara, menyuruh pihak berwajib untuk mengeksekusi pamannya sendiri karena dianggap telah berkhianat terhadap negara.

2. Play Station 4

Play Station 4 adalah salah satu produk konsol game yang banyak dinantikan oleh gamer dari seluruh dunia. Walaupun memiliki sejumlah pesaing seperti Xbox One atau juga Wii, namun masih banyak orang yang ingin membeli produk dari Sony tersebut daripada perangkat sejenis lainnya.

Menurut kabar, diperkirakan Play Station 4 akan resmi hadir di Indonesia pada bulan Januari 2014 dengan harga perkiraan sekitar Rp 7 jutaan.

3. Samsung Galaxy S4

Samsung Galaxy S4 adalah salah satu produk unggulan dari Samsung yang membawa segudang kecanggihan dan teknologi tinggi untuk membantu para penggunanya.

Bahkan karena popularitasnya, Samsung langsung membuat beberapa varian untuk perangkat yang satu ini.

4. Royal Baby

Lagi-lagi putra pertama Pangeran William dan Catherine Middleton dari Inggris yang lahir tanggal 22 Juli 2013 yang lalu, George Alexander Louis, masuk daftar sepuluh besar pencarian Google.

Namun, menurut catatan Twitter, twit seputar Royal Baby masih kalah dengan twit mengenai Barack Obama ketika pemilihan presiden keduanya pada November 2012.

5. Boston Marathon

Dua kali ledakan diduga berasal dari bom mengguncang saat ribuan peserta Boston Marathon sedang mengikuti lomba.

Polisi melaporkan sedikitnya satu ledakan terjadi sementara saksi mata mengatakan ada dua ledakan dalam insiden itu, yang terjadi saat para penonton bersorak merayakan pelari yang berhasil melintasi garis finis dalam ajang yang pertama kali digelar pada 1897 itu.

6. Harlem Shake

Setelah Gangnam Style, dunia kembali dihebohkan dengan demam Harlem Shake yang populer di awal tahun 2013.

Harlem shake adalah tarian yang awalnya dipopulerkan di Harlem, New York, pada tahun 1981. Seperti dikutip dari Wikipedia, tarian unik ini terinspirasi tarian Ethiopia yang disebut Eskista. Kemudian demam Harlem shake pun menyebar ke daerah perkotaan lainnya di Amerika.

7. Cory Monteith

Drama televisi GLEE harus kehilangan salah satu pendukung terbaiknya. Cory Monteith, pemeran Finn Hudson, ditemukan meninggal dunia pada Sabtu (13/07).

Jenazah pria 31 tahun itu ditemukan di salah satu hotel yang ada di Vancouver, Kanada. Investigasi penyebab kematian Cory Monteith akhirnya menemukan hasil akhir. Menurut laporan BC Coroner’s Service, bintang GLEE itu memang meninggal akibat overdosis heroin dan alkohol.

8. iPhone 5S

Pada pertengahan September lalu, Apple secara resmi merilis 2 produk smartphone mereka yaitu iPhone 5C dan iPhone 5S. Dari keduanya, iPhone 5S dilengkapi segudang keunggulan serta kecanggihan dibandingkan iphone 5C.

Bahkan, iPhone 5S menjadi salah satu smartphone inovator di tahun 2013 ini bersanding dengan beberapa perangkat mobile dari vendor ternama lainnya.

9. Paul Walker

Pecinta film The Fast and The Furious tentu kaget karena secara tiba-tiba ada kabar bahwa salah seorang tokoh utamanya yaitu Paul Walker meninggal dunia setelah mobilnya mengalami kecelakaan.

Paul Walker kehilangan nyawanya dalam api yang menghanguskan Porsche Carrera GT yang ia tunggangi bersama Roger Rodas, rekan sekaligus penasihat keuangan Paul, pada Sabtu (30/11) pukul 15.30 waktu setempat.

10. Nelson Mandela

Dunia sedang berduka atas kematian Bapak Dunia Nelson Mandela yang berpulang pada Kamis (05/12).

Hampir lima bulan lalu, pria yang dikenal dengan nama Madiba ini memang sempat dilarikan ke rumah sakit akibat infeksi paru-paru. Kondisinya sempat kritis saat itu, namun ternyata Tuhan masih memberikannya kesempatan untuk merayakan ulang tahun ke-95 pada 18 Juli lalu.

Sekitar tiga bulan lalu, mantan presiden Afrika Selatan ini akhirnya diperbolehkan pulang. Meski demikian, kondisinya tak bisa dikatakan baik karena dia harus menjalani perawatan intensif selama 24 jam dan bahkan perlu alat bantu untuk bernapas.