10 Berita Sepakbola yang paling Menggemparkan Sepanjang 2013

Tahun 2013 sudah berakhir. Banyak cerita di dunia sepakbola yang tersaji sepanjang tahun ini. Ada cerita mengenai rekor yang terpecahkan, ada cerita legenda sepakbola yang pensiun dan banyak lagi berita-berita menghebohkan. berikut 10 Berita Sepakbola yang paling Menggemparkan Sepanjang 2013 seperti dikutip berbagai sumber:
1. Pep Guardiola Jadi Pelatih Bayern Munich
Pep Guardiola Jadi Pelatih Bayern Munich
[lihat.co.id] – 16 Januari: Bayern Munich secara mengejutkan mengumumkan bahwa Josep Guardiola akan menggantikan posisi Jupp Heynckes sebagai pelatih FC Hollywood. Padahal saat itu, Guardiola tengah didekati Chelsea, Manchester United hingga AC Milan.
2. Luis Suarez dihukum 10 laga usai gigit Branislav Ivanovic
Luis Suarez dihukum 10 laga usai gigit Branislav Ivanovic
[lihat.co.id] – 24 April: Suarez membuat kontroversi dengan menggigit Ivanovic saat Liverpool bermain imbang 2-2 dengan Chelsea. Akibat tindakannya itu, striker timnas Uruguay ini dihukum 10 laga. Empat hukuman di akhir musim lalu dan enam laga dibayar di musim ini. Musim ini Suarez memimpin daftar top skorer sementara Premier League dengan 19 gol.
3. Sir Alex Ferguson pensiun
Sir Alex Ferguson pensiun
[lihat.co.id] – 8 Mei: Beberapa hari setelah mengaku tak punya rencana untuk meninggalkan MU, Ferguson membuat kejutan dengan memutuskan pensiun sebagai manajer Iblis Merah. Manajer tersukses dalam sejarah sepakbola Inggris ini telah mempersembahkan 19 trofi Premier League bagi MU.
 4. David Bechkam mengumumkan gantung sepatu
David Bechkam mengumumkan gantung sepatu
[lihat.co.id] – 16 Mei: Setelah Ferguson memutuskan pensiun, mantan anak asuhnya, David Beckham, menyusul. Beckham memutuskan gantung sepatu di usia 38 tahun. Gelar Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain (PSG) melengkapi deretan trofi Beckham yang mengoleksi trofi saat membela MU, Real Madrid dan LA Galaxy.
 5. Gareth Bale pecahkan rekor transfer
Gareth Bale pecahkan rekor transfer
[lihat.co.id] – 1 September: Sempat dikabarkan akan mendarat ke Old Trafford, Bale secara mengejutkan diboyong Real Madrid dengan transfer fantastis. Ia diboyong Madrid dengan nilai transfer 100 juta euro dan saat ini tercatat sebagai pemain termahal di dunia memecahkan rekor transfer Cristiano Ronaldo.

 6. Arsenal boyong Mesut Oezil di akhir bursa transfer
Arsenal boyong Mesut Oezil di akhir bursa transfer
[lihat.co.id] – 2 September: Tak ada yang menyangka jika Oezil rela dilepas Real Madrid. Arsenal yang gagal mendapatkan Luis Suarez dan Yohan Cabaye, langsung bergerak cepat di bursa transfer yang hampir ditutup. Oezil berhasil diboyong ke Emirates Stadium dengan nilai transfer 42,5 juta poundsterling.
 7. Jose Mourinho kembali ke Chelsea
 Jose Mourinho kembali ke Chelsea
[lihat.co.id] – 3 Juni: Setelah gagal mempersembahkan gelar La Decima bagi Real Madrid, Jose Mourinho memutuskan pergi dari Santiago Bernabeu. Sempat digadang-gadang akan menggantikan peran Sir Alex Ferguson di MU, The Special One justru kembali ke klub asalnya, Chelsea. Ia diboyong kembali oleh Roman Abramovich untuk mengembalikan hegemoni The Blues di Premier League.

 8. Neymar gabung Barcelona
Neymar gabung Barcelona
[lihat.co.id] – 28 Mei: Neymar sukses diboyong Barcelona setelah sebelumnya Real Madrid juga melakukan pendekatan. Bintang Santos ini memutuskan bergabung dengan Barcelona dengan nilai transfer mencapai 57 juta euro.
 9. Kanker membuat Tito Vilanova tinggalkan Barcelona
Kanker membuat Tito Vilanova tinggalkan Barcelona
[lihat.co.id] – 19 Juli: Setelah dikejutkan dengan bergabungnya Neymar, suporter Barcelona kembali dibuat terkejut dengan berita dicopotnya Tito Vilanova sebagai entrenador Barca. Petinggi Blaugrana ingin Tito fokus “berperang” dengan kanker yang dideritanya. Barca kemudian menunjuk Gerardo ‘Tata’ Martino sebagai gantinya.

 10. Undian Piala Dunia 2014
Undian Piala Dunia 2014
[lihat.co.id] – 6 Desember: FIFA menggelar drawing atau undian Piala Dunia 2014 di Bahia, Brasil. Beberapa negara adidaya sepakbola akan bersua di fase grup seperti duel Inggris, Italia, dan Uruguay di Grup D. Di Grup B, finalis edisi terakhir, Spanyol dan Belanda, juga akan bertemu di fase grup.