10 Fakta dan Mitos tentang Batu Akik yang perlu Diketahui

Dengan motifnya yang unik dan berwarna-warni maka tak mengherankan jika batu akik kini menjadi kejadian luar biasa” di Indonesia. Di Indonesia sendiri tren batu akik sedang melanda seluruh kawasan negeri, namun sebenarnya tren serupa sudah pernah terjadi di tahun 90-an. Jika menilik lebih jauh lagi, tren batu akik sebenarnya sudah berlangsung sejak zaman dahulu.
Di awali dengan penemuan batu akik pertama di Sisilia yang kemudian berkembang ke seluruh dunia. Di balik coraknya yang beragam, batu akik juga dipercaya memiliki daya magis yang kadang tidak bisa diterima nalar. berikut 10 Fakta dan Mitos tentang Batu Akik yang perlu Diketahui dikutip berbagai sumber:
1. Batu Akik Pertama Kali Ditemukan di Sisilia
Batu Akik Pertama Kali Ditemukan di Sisilia
lihat.co.id-Dalam bahasa Inggris batu akik disebut dengan agate. Nama agate sendiri diambil dari nama sungai yang paling terkenal di zaman kuno bernama Achates. Sungai ini berada di Sisilia dan mengalir sepanjang 54 kilometer.
Menurut risalah Theophrastus yang tertulis pada sebuah batu dengan tahun menunjukkan angka 315 sebelum masehi, nama Achates atau batu akik pertama kali ditemukan di sungai ini. Kini sungai yang fenomenal ini telah berubah nama menjadi sungai Dirillo.
2. Batu Akik Telah Digunakan Sejak Tahun 20.000 Sebelum Masehi
Batu Akik Telah Digunakan Sejak Tahun 20.000 Sebelum Masehi
lihat.co.id-Jika merujuk pada risalah Theophrastus, batu akik baru ditemukan sekitar 315 tahun sebelum masehi, namun berdasarkan penelitian lebih lanjut didapatkan fakta yang mengejutkan. Ada bukti yang menunjukkan bahwa batu akik sudah digunakan sejak 20.000 tahun sebelum masehi.
Berdasarkan penelitian terhadap sejarah, didapatkanlah bukti bahwa kaum pria dari Eropa Utara pada masa zaman batu sudah menggunakan batu mulia ini sebagai perhiasan, dan pada tahun 400 sebelum masehi orang Yunani menggunakannya sebagai perhiasan dan manik-manik.
3. Akik Adalah Batu Permata Kuno yang Memiliki Daya Magis
Akik Adalah Batu Permata Kuno yang Memiliki Daya Magis
lihat.co.id-Batu akik menjadi batu permata kuno yang paling berharga dan yang paling pertama dikenal oleh manusia sebelum mereka mengenal emas dan berlian seperti sekarang. Ini dikarenakan jenis batu mulia ini sangat keras dengan motif yang menarik dan berwarna-warni.
Pada zaman dahulu, siapa saja yang mengenakan batu akik diyakini bisa membuat pemakainya menjadi ramah, jujur dan berpengetahuan luas. Singkatnya, batu akik memiliki daya magis yang dapat memperluas perspektif kehidupan.
4. Batu Akik Bisa Menjadi Penolak Bala
Batu Akik Bisa Menjadi Penolak Bala
lihat.co.id-Seperti kata pepatah, lain ladang lain belalang lain daerah lain pula mitos yang berkembang mengenai kemampuan batu akik. Sebagai contoh dalam budaya Persia, batu akik dianggap memiliki kekuatan untuk mencegah badai.
Orang Persia percaya bahwa batu akik memiliki kekauatan sebagai pelindung termasuk melindungi mereka dari amukan badai. Selain itu mereka juga percaya jika batu akik bisa meringankan pemakainya dari rasa haus. Di belahan dunia lain juga menganggap jika batu akik adalah batu permata yang protektif.
5. Batu Akik Berkhasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit
Batu Akik Berkhasiat Menyembuhkan Berbagai Penyakit
lihat.co.id-Bukan hanya pada zaman dahulu saja yang menyakini bahwa batu akik menyimpan energi yang bisa memberikan berbagai manfaat termasuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hingga kini pun kepercayaan akan daya magis sebuah batu akik masih terjaga dengan baik.
Batu akik yang sebenarnya adalah batuan alam yang memiliki corak berwarna-warni ini diasosiasikan dengan kemampuan menyembuhkan. Gangguan seperti insomnia, alergi, penyakit kulit, dan stres adalah beberapa hal yang bisa disembuhkan dengan memakai batu akik. Selain itu masih banyak lagi penyakit yang konon bisa sembuh lantaran memakai batu akik.
6. Dahulu Batu Akik Dibikin Mangkuk
Dahulu Batu Akik Dibikin Mangkuk
lihat.co.id-Meski sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai batu permata yang digunakan untuk perhiasan, namun nyatanya fakta menunjukkan bahwa sebagian besar batu akik dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan mangkuk ketimbang perhiasan.
Mangkuk yang terbuat dari batu akik ini sangat terkenal pada zaman dahulu hingga Mitharades, raja Pontus memiliki lebih dari 3.000 mangkuk dari batu mulia ini. Pada saat ini, Anda bisa melihatnya di museum-museum kerajaan.
7. Bangsa Sumeria Menggunakan Akik Sebagai Perhiasan
Bangsa Sumeria Menggunakan Akik Sebagai Perhiasan
lihat.co.id-Lain halnya dengan bangsa Sumeria, mereka memiliki kredit tersendiri atas pemanfaatan batu mulia ini. Bangsa Sumeria menggunakan batu akik sebagai segel, manik-manik dan berbagai bentuk perhiasan lainnya.
Bangsa Sumeria sendiri adalah salah satu masyarakat perkotaan yang paling awal muncul di dunia. Mereka menghuni area sebelah selatan dari Mesopotamia sekitar 5.000 tahun yang lalu. Bangsa ini juga terkenal salah satu bangsa yang paling maju dalam hal tulis-menulis.

8. Orang Arab Memakai Batu Akik Agar terhindar dari Musibah
Orang Arab Memakai Batu Akik Agar terhindar dari Musibah
lihat.co.id-Pada zaman dahulu orang-orang Arab dan Persia memakai cincin batu akik di jari manis mereka. Uniknya batu akik tersebut diukir ayat-ayat tertentu yang diambil dari Al-Qur’an dan juga simbol-simbol tertentu.
Dengan memakai cincin batu akik yang seperti itu mereka semua percaya bahwa batu itu akan menyelamatkan mereka dari bahaya. Keyakinan yang seperti itu bahkan masih ada hingga kini. Masih banyak orang-orang yang percaya bahwa batu akik bisa menghindarkan seseorang dari musibah.
9. Batu Akik Buat Hadiah Pernikahan
 Batu Akik Buat Hadiah Pernikahan
lihat.co.id-Batu akik tampaknya memiliki beberapa makna khusus terkait dengan ulang tahun pernikahan ke-12 dan ke-14. Ulang tahun pada umur-umur tersebut dianggap sangat istimewa sehingga dikaitkan dengan batu akik yang juga memiliki variasi yang beragam indahnya.
10. Batu Akik Dapat Melindungi Bayi dalam Kandungan
lihat.co.id-Warna batu akik yang berbeda-beda tampaknya memiliki hubungan dengan berbagai sifat fisik dan mental manusia. Sehingga setiap orang akan memilih jenis-jenis tertentu dari batu akik sesuai dengan kebutuhan mereka.
Yang unik adalah bahwa ada mitos yang mengatakan jika batu akik dianggap membawa hoki jika dipakai wanita hamil. Berdasarkan kepercayaan yang beredar, dengan kesaktian yang dimilikinya batu akik bisa melindungi ibu dan bayi yang sedang dikandungnya.