10 Gelandang Pencipta Peluang Gol Terbanyak di Benua Eropa

Dalam sebuah tim sepakbola, terkadang ada satu pemain yang diberi tugas khusus untuk memberikan umpan pada rekan-rekannya di lini depan, atau siapapun yang ada di depan gawang, untuk mencetak gol. Pemain tersebut juga kerap diserahi tugas untuk menciptakan peluang bagi timnya untuk  membobol gawang lawan. kebanyakan dari pemain itu adalah pemain dari sektor gelandang tengah. Walau demikian, tak tertutup ada pula pemain yang sanggup memberikan banyak peluang dari sisi kiri maupun kanan lapangan. Berikut10 Gelandang Pencipta Peluang Gol Terbanyak di Benua Eropa seperti dikutip berbagai sumber
10 . Leighton Baines
Leighton Baines
[lihat.co.id] – Tak disangka-sangka, seorang bek kiri muncul dalam daftar ini. Bek kiri Everton ini memang bisa dikatakan sebagai sumber serangan Everton dalam beberapa musim terakhir di bawah asuhan pelatih yang saat ini menangani Manchester United, David Moyes. Bahkan, berkat performanya yang apik, ia pun terpanggil ke timnas Inggris. Dalam lima tahun terakhir, di Everton, ia telah menghasilkan 378 peluang mencetak gol. 32 diantaranya berbuah menjadi gol.
9 . Diego
Diego
[lihat.co.id] – Playmaker yang satu ini namanya memang timbul dan tenggelam di kancah sepakbola Eropa. Sukses di Bundesliga bersama Werder Bremen,, namun gagal total ketika merumput bersama Juventus di Italia. Ketika mencoba peruntungannya kembali di Liga Jerman bersama VfL Wolfsburg, ia tak bisa sesukses saat masih bersama Bremen. Total, sudah 382 peluang yang ia ciptakan dari petualangannya di klub-klub tersebut. 31 diantaranya sukses dikonversikan menjadi gol.
8 . David Silva
David Silva
[lihat.co.id] – Gelandang enerjik yang satu ini memang lihai dalam urusan merusak pertahanan lawan. Dengan kecepatan dan keahliannya dalam mendribel bola, plus kejeliannya dalam mengirim umpan, pantas jika ia masuk dalam daftar ini. Wajar jika Valencia dan Manchester City mengandalkannya untuk memimpin serangan timnya ke pertahanan lawan. Sejauh ini, Silva sudah menghasilkan 383 peluang, dan 36 diantaranya menghasilkan gol.
 7 . Frank Lampard
Frank Lampard
[lihat.co.id] – Sudah bertahun-tahun Lampard menjadi pemimpin Chelsea. Banyak gelandang kelas dunia datang dan pergi, namun ia selalu menjadi pilihan utama di skuad The Blues. Hal itu wajar saja, karena profesionalisme dan etos kerjanya luar biasa. Ia pun tak hanya piawai dalam mengumpan, namun juga mencetak gol. 
 
Sejak tahun 2008 hingga pekan pekan lalu, Lampard sudah menciptakan 390 peluang mencetak gol dan 36 diantaranya sukses menjadi gol. Jika dirunut sejak tahun kedatangannya ke Chelsea, yakni pada tahun 2001 silam, tentunya angka-angka tersebut pasti sudah melonjak tinggi.

6 . Mathieu Valbuena

 Mathieu Valbuena
[lihat.co.id] – Nama gelandang Marseille ini memang kurang terkenal di Eropa. Namun, layaknya Lampard, ia sudah menjadi ikon bagi klub Prancis tersebut. Ia memang tergolong mungil untuk ukuran orang Eropa. Ia bahkan sedikit lebih pendek ketimbang David Silva, namun, ia sangat enerjik dan cukup kreatif. Sejak tahun 2008, hingga 2013 ini, ia sudah menciptakan 396 peluang mencetak gol, dan 35 diantaranya sukses diubah menjadi gol.
5 . Francesco Totti
Francesco Totti
[lihat.co.id] – Nama gelandang Marseille ini memang kurang terkenal di Eropa. Namun, layaknya Lampard, ia sudah menjadi ikon bagi klub Prancis tersebut. Ia memang tergolong mungil untuk ukuran orang Eropa. Ia bahkan sedikit lebih pendek ketimbang David Silva, namun, ia sangat enerjik dan cukup kreatif.Sejak tahun 2008, hingga 2013 ini, ia sudah menciptakan 396 peluang mencetak gol, dan 35 diantaranya sukses diubah menjadi gol.
4 . Nene
Nene
[lihat.co.id] – Nama pemain yang satu ini lebih tak familier lagi ketimbang Valbuena. Sejak tahun 2008 hingga saat ini, Pemain asal Brasil tersebut sempat melanglang buana ke AS Monaco, Espanyol, PSG dan kini Al-Gharafa. Masa keemasannya terjadi saat ia bermain di Paris bersama Les Parisiens.
Dari klub-klub tersebut, kecuali Al-Gharafa tentunya, ia sudah meciptakan 403 peluang mencetak gol. 36 diantaranya sukses membuahkan gol.

3 . Xavi Hernandez

 Xavi Hernandez
[lihat.co.id] – Xavi dikenal sebagai pass master, alias sang raja pengumpan. Ia adalah playmaker andalan Barcelona FC dan timnas Spanyol. Walau demikian, ia hanya berada di posisi ketiga daftar ini. Hal itu kemungkinan karena ia didapuk untuk mengatur tempo permainan dan juga ia rajin turun untuk membantu timnya bertahan. 
 
Sejak tahun 2008 lalu, ia sudah menciptakan 424 peluang bagi Barca. 56 diantaranya menjadi santapan empuk para rekan-rekannya untuk mencetak gol. Jika saja ia diminta untuk beroperasi lebih sering di belakang para penyerang, mungkin ceritanya bakal berbeda.

2 . Juan Mata

Juan Mata
[lihat.co.id] – Spanyol tak pernah kehabisan talenta hebat di segala lini, terutama di sektor gelandang. Mata memiliki kualitas yang hampir setara dengan Xavi. Namun, yang jelas, keduanya juga dibekali dengan kemampuan mengumpan yang sangat brilian. Kehebatannya jelas terlihat saat membela Valencia, dan juga saat membela Chelsea dalam dua musim terakhir. Sejak tahun 2008 lalu, total gelandang kidal ini sudah menciptakan 429 peluang dan 54 diantaranya berbuah menjadi gol.

1 . Mesut Ozil
Mesut Ozil
[lihat.co.id] – Ini dia pemain terbaik dalam urusan menciptakan peluang gol di Eropa. Gelandang asal Jerman ini memang tak mendapat perhatian sebanyak Xavi, atau Mata, namun, fakta sudah berbicara bahwa ia mampu mengungguli kedua pemain Spanyol tersebut. Di werder Bremen, ia memang tak begitu menyita perhatian publik sepakbola dunia. 
 
Namun, perlahan namanya mulai terkenal sejak membela Real Madrid. Namun, saat baru pindah ke Arsenal inilah, kemampuannya mendapat pengakuan sebagai salah satu pemain terbaik dunia. Dari ketiga klub tersebut, 
 
sejak tahun 2008, pemain yang masih berusia 24 tahun itu sudah menciptakan 492 peluang mencetak gol. Hebatnya lagi, 74 diantaranya berbuah assist manis bagi rekan-rekannya.