10 Tips Mengatasi Rasa Bosan ketika Berpuasa

puasa

Rasa bosan memang kadang melanda orang sedang berpuasa apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa berpuasa. Beberapa tips berikut ini mungkin akan membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Inilah 10 tips mengatasi rasa bosan ketika berpuasa.

1. Membaca.
Membaca bukan hanya sekedar hobi atau kebiasaan, membaca adalah kebutuhan karena dengan membaca kita dapat mengetahui berbagai ilmu. Buku adalah gudanhnya ilmu, sedangkan membaca adalah anak kuncinya. Apa saja yang bisa kita baca saat menjalankan ibadah puasa untuk mengisi kesibukan kita sebagai menghilangkan rasa lapar dan dahaga serta rasa bosan di rumah? Yang dapat kita baca saat dirumah adalah:

a. Al-Quran.
Al-Quran adalah kitab suci agama Islam yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW di Gua Hira. Pada bulan puasa ini bacalah ayat suci Al-Quran walaupun itu hanya satu ayat, atau satu hurup. Satu hurup saja dibalas oleh Allah SWT dengan 10 kali ganda pahala dibulan biasa. Maka dari itu, bacalah Al-Quran meskipun membacanya dengan terbata-bata.

b. Buku.
Buku adalah gudangnya ilmu, sedangkan anak kuncinya adalah membaca. Jadi jika kita membaca kita akan menjadi pandai dan cerdas, mungkin kamu akan dapat mengalahkan kepandaian guru ataupun dosenmu. Buku yang dapat dibaca banyak sekali diantaranya buku pelajaran atau buku pengetahuan umum lainnya, serta buku LKS (lembaran kerja siswa).

c. Koran atau majalah.
Saat ini banyak sekali berita-berita menarik yang ada di dunia. Mulai dari berita seleb hingga berita kiamat. Dari berita aneh hingga berita ilmiah baik di koran ataupun majalah. Barang siapa yang suka membaca, maka ia tidak akan kekurangan ilmu, ia tidak miskin akan ilmu pengetahuan, wawasannya luas, pengetahuannya banyak sekali, dunia seakan-akan dalam genggamannya.

d. Novel.
Novel adalah bagian dari ilmu fiksi dan ilmiah, karena novel ada yang fiksi, ada yang ilmiah, ada yang horor, ada yang sex, dan lain-lainnya. Dengan membaca novel kita juga dapat mengurangi rasa bosan pada saat di rumah menunggu berbuka puasa.

2. Sholat
Sholat juga salah satu yang dapat kita lakukan dalam upaya menghilangkan rasa bosan di rumah pada saat bulan puasa. Dengan sholat kita akan dapat menghilangkan rasa lapar dan dahaga kita karena puasa. Antara lain Sholat dhuha, dan sholat sunat yang lainnya serta sholat fardhu, ditambah sholat rawatib.

3. Tafakur di masjid
Tafakur di masjid juga dapat mengurangi rasa lapar dan dahaga serta menghilangkan rasa bosan jika di rumah. Kita dapat mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, kita dapat merenung ciptaan Tuhan, merenungi dosa dan kesalahan kita kepada orang tua, kawan, teman, sahabat, paman, bibi, dan Allah SWT yang utama. Dengan tafakur kita introspeksi diri agar kita memperbaiki diri untuk yang lebih baik lagi.

4. Zikir (istirfar, tahmid, takbir, tahlil)
Zikir adalah bagian dari sholat, setelah sholat berzikirlah sebanyak-banyaknya atau semampunya kita, cara ini selain bisa mendekatkan diri kita pada Sang Pencipta, zikir ini juga dapat berhasiat untuk mentralisirkan keadaan emosional, nafsu, menstabilkan fikiran dengan cara khususknya zikir, serta dapat menimbulkan atau memunculkan fower batin yang tanpa kita sadari.

5. Membantu orang tua atau bekerja
Orang tua kita sibuk bekerja dari pagi hingga sore. Untuk mengurangi rasa bosan dan rasa lapar serta haus, coba disempatkan waktu untuk membantu kedua orang tua. Misalnya memotong kayu, ke kebun, ke sawah, mengambil kayu bakar (bagi anak laki-laki), menyapu lantai, ngepal lantai, membuat kue (bagi anak perempuan), dan banyak lagi kegiatan lainnya yang dapat meringankan pekerjaan kedua orang tua.

6. Main game
Sekarang game sangat banyak sekali, mulai dari gamewath, tendo, GST, PSP, P2P, PS2, PS3, Game Online, Game Hp, dan banyak lagi yang namanya game. Banyak anak yang tahan bermain game seharian di depan komputer hanya main game online. Hingga sholat pun tidak sempat untuk dilakukan, akhirnya sampai ke berbuka puasa. Selain bermain game online, kita bisa juga main kartu, misalnya remibox, cangkul, main 41, main merah, main hitam, main loko, main catur, main mahjung, dan banyak lagi permainan yang dapat dimainkan.

7. Memancing
Memancing paling asik itu di danau, karena udaranya sejuk, pemandangannya indah, airnya tenang, ikannya banyak, cewek atau cowoknya juga banyak untuk cuci mata namun dapat mengotori hati. Jika memancing harus dengan kesabaran, karena sabar adalah sebagian daripada iman.

8. Olahraga
Dari pada sumpek di rumah lebih baik olahraga bersama teman-teman, jangan olahraga yang kuat-kuat, cukup saja, main tenis meja, atau batminton, yang santai saja mainnya, bukan serius-serius amat. Lari kecil-kecil dari gang ke gang, dari jalan ke gang, atau sepanjang jalan, mutar lagi untuk satu rt atau rw.

9. Menulis (tulis apa saja sesuka anda, jika perlu ngeblog)
Menulis adalah menuangkan segala apa yang ada di dalam pikiran ke atas kertas. Tulis saja apa kata hati kita, tuangkan dalam bentuk tulisan, apakah puisi, sajak, pantun, cerita pendek, cerbung, novel, jenaka, gurindam, syair, dan lain-lainnya. Dengan itu mungkin kamu akan mendapatkan bakatmu dalam tulisan yang indah, kamu akan dapat merangkai kata-kata yang merdu dan membuat hati orang tersentuh, serta banyak lagi yang lainnya. Bila perlu tuangkan tulisan anda lewat “blog” tanya pada ahlinya.

10. Jalan-jalan sore (JJS)
Jalan-jalan sore bersama teman mulai dari pukul 15an selesai sholat Asar, keliling-keliling taman burung, taman bunga, atau jalan kampung ke kampung, jalan-jalan ke pasar, ke danau, sambil nunggu buka, pulangnya beli kue untuk berbuka puasa.

Sumber “

Kodokoala: Religi