12 Kapal Perang Akan Meriahkan Hari Nusantara

Sebanyak 12 kapal perang akan meramaikan Hari Nusantara 2013 yang akan dilaksanakan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada 13 Desember mendatang.

Komandan Pangkalan TNI AL Palu, Kolonel Laut (P) Ferry Supriadi, di Palu, Ahad (27/10), mengatakan kapal perang itu antara lain berasal dari Direktorat Polairud Polda Sulawesi Tengah, Kantor Bea dan Cukai, serta dari TNI AL.

Belasan kapal perang itu nantinya membentuk barisan mengelilingi Teluk Palu dari dermaga TNI AL menuju Pantai Talise.

Selain itu juga terdapat kapal dari nelayan yang turut melakukan parade untuk memeriahkan Hari Nusantara 2013 yang dipusatkan di Anjungan Pantai Talise, Kota Palu.

Ferry berharap masyarakat Kota Palu dan sekitarnya bisa turut berperan dalam melancarkan kegiatan Hari Nusantara yang rencananya akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Mari kita turut menjaga keamanan daerah agar kegiatan berlangsung lancar dan aman,” katanya.

Selain parade kapal perang, Hari Nusantara 2013 itu juga akan dimeriahkan dengan kegiatan seni, budaya, dan olahraga. Salah satu kegiatan olahraga adalah lomba renang melintasi Teluk Palu.

Ditunjuknya Kota Palu sebagai pusat pelaksanaan Hari Nusantara 2013 karena Ibu Kota Provinsi Sulawesi Tengah ini memiliki tiga kriteria utama yang telah terpenuhi yakni terletak di bibir pantai, merupakan pusat kegiatan masyarakat dan penataannya tidak mulai dari awal lagi.

Di Pantai Talise yang berada di bibir Teluk Palu sudah terdapat anjungan yang cukup luas sehingga bisa menampung ribuan orang.

Saat ini Pemprov Sulawesi Tengah dan Pemkot Palu terus memantapkan persiapan ajang wisata tahunan tersebut.

Tahun sebelumnya, Hari Nusantara dilaksanakan di Lombok. Saat itu Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola guna menerima Satya Lencana Pembangunan dari Presiden karena berprestasi dalam pembangunan sektor kelautan dan perikanan.

Sumber : Republika