20 Titik Tertinggi pada 20 Pulau di Dunia


Saat anda mendengar kata “Pulau”, apa yang terlintas dipikiran anda? apakah pantainya yang tropis, indah dan hangat? Sebenarnya beberapa pulau ada yang dingin dan tertutup es dan salju. Beberapa pulau tampaknya memiliki segalanya, mulai dari ombak indah hingga puncak tinggi yang tertutup salju. Dibawah ini adalah daftar dari 20 titik tertinggi di 20 pulau di dunia. Daftar ini akan mulai dari urutan ke 20 dan seterusnya hingga nomor 1 dan menunjukkan keragaman dari pulau-pulau tersebut, seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com

20. Pulau Seram, Indonesia – Gunung Binaiya

Peringkat ke 20 di dalam daftar pulau dengan dengan titik tertinggi adalah pulau Seram Indonesia dimana Gunung Binaiya memiliki ketinggian puncak 9.931 ft, atau 3.027 m, menjadikannya salah satu dari 100 puncak yang paling menonjol secara topografikal di Bumi. Tepat berada di ketinggian 3027 Meter di atas permukaan laut, Puncak Gunung Binaiya memiliki jenis tumbuhan endemik khas yaitu pohon pakis yang hanya tumbuh di Savana Nusa Ina. Uniknya, pakis ini bisa tumbuh di lahan bebatuan keras. Batangnya yang terlihat rapuh namun bisa menahan hembusan angin hingga kekuatan 60-80 knot. Bahkan badai sekali pun tidak bisa merobohkan tumbuhan endemik ini yang rata-rata memiliki tinggi 3-5 meter. Daunnya menjadi makan favorit rusa. Jenis hewan yang banyak berkeliaran secara liar di Taman Nasional Manusela, Pulau Seram, Maluku. Tak heran jika areal puncak banyak ditemui kotoran rusa.

Foto atas adalah Pulau Seram dari laut. Tapi jauh di dalam hutan Gunung Binaiya, fotografer mengatakan, “Pertemuan dengan python yang telah menelan rusa, Sangatlah mengesankan. Dibutuhkan sekitar satu bulan bagi python untuk mencerna hewan besar seperti rusa”

19. Pulau Bali, Indonesia – Gunung Agung

Gunung Agung adalah titik tertinggi di pulau bali dan menjadi urutan ke 19 dari titik tertinggi di pulau-pulau seluruh dunia. Pulau Bali nan Indah, juga dikenal sebagai pulau 1.000 candi.Gambar diatas adalah gunung agung bali dilihat dari lombok. Gunung Agung berdiri tinggi dengan puncaknya mencapai 9.994 kaki, atau 3.031 meter.

18. Pulau Maui, Hawaii – Haleakala

The Island of Maui berada diperingkat 18 karena Haleakala. Menatap ke dalam kawah Gunung Haleakala dari puncak selama matahari terbit. Di Haleakala National Park di Pulau Maui di Hawaii, Haleakala tingginya 10.023 kaki (3.055 m), sehingga membuatnya titik tertinggi ke-18 di pulau pulau di dunia dan titik tertinggi ke-2 dari pulau-pulau amerika serikat.

17. Pulau Réunion, Perancis – Piton des Neiges

Titik tertinggi pada pulau urutan 17 adalah puncak Piton des Neiges pada pulau Réunion. Titik tertinggi ini mencapai 10.072 kaki, atau 3.070 meter.

16. Hispanolia, Republik Dominika – Pico Duarte

Urutan ke 16 pada daftar pulau dengan titik tertinggi adalah Hispaniola di Republik Dominika dengan Pico Duarte. Pico Duarte adalah puncak tertinggi di seluruh pulau-pulau Karibia, memiliki ketinggian 10,164 kaki, atau 3.098 meter.

15. Pulau Siple, Antartika – Gunung Siple

Urutan ke 15 adalah Pulau Siple dengan Gunung Siple, sebuah gunung berapi perisai Antartika yang berpotensi aktif, menjulang tinggi hingga 10.203 kaki (3.110 meter) dan mendominasi bagian barat laut Pulau Siple. Siple Dome di Gunung Siple, Antartika, titik tertinggi urutan 15 di daftar ini.

14. Pulau Sisilia, Italia – Gunung Etna

Gunung Etna, Sisilia, Italia, berada di peringkat ke 14 titik tertinggi pulau di dunia. Dengan tinggi 10.912 kaki, atau 3.326 meter, Gunung Etna adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia karena kegiatan vulkaniknya yang hampir konstan. Gunung ini terletak di pantai timur Sisilia.

13. Pulau Sulawesi, Indonesia – Gunung Rantemario

Urutan ke 13: Pulau Sulawesi, Indonesia, karena puncak Gunung Rantemario. Gunung Rante Mario latimojong adalah salah satuh puncak dari beberapa puncak di pegunungan latimojong. Gunung rante Mario latimojong merupakan puncak tertinggi Se-Sulawesi yang mencapai ketinggian 11.411 kaki (3.478 m).

12. Pulau Jawa, Indonesia – Gunung Semeru

Peringkat Gunung Semeru, ke 12 adalah pulau jawa dengan gunung Semeru nya. Gunung Semeru terletak di sebelah timur Pulau Jawa dengan ketinggian 12.060 kaki (3.676 m) dan menjadikannya titik tertinggi di pulau jawa.

11. Greenland – Gunung Gunnbjørn

Peringkat 11: Greenland adalah pulau yang masuk di urutan 11 di titik tertinggi pulau. Greenland juga terkenal dengan gunung es yang luar biasa. Gunnbjørn Fjeld, atau Gunnbjørn, 12.119 ft (3.694 m) adalah titik tertinggi di Greenland. Ini juga merupakan gunung tertinggi dari lingkaran Arktik utara. Wikipedia menambahkan, “Ini adalah Nunatak, puncak berbatu menonjol melalui es glasial. Dalam kisah-kisah Islandia, gunung ini disebut Hvitserk, secara harfiah berarti ‘whiteshirt’. Nama gunung ini diambil dari nama Gunnbjorn Ulfsson, Viking yang pertama yang mencapai Greenland.

10. Tenerife, Spanyol – Puncak Teide

Peringkat 10 dari daftar ini adalah Tenerife, Spanyol. Ini adalah salah satu pulau dari Kepulauan Canary. Puncak Teide membentang sampai 12.198 ft (3.718 m). Daerah sekitarnya seluas 73 sq mi (18.900 hektar) dijadikan Teide National Park, yang diangkat menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO. Foto indah diatas termasuk langka karena menangkap Teide, bulan, Venus dan Jupiter.

9. Pulau Lombok, Indonesia – Gunung Rinjani

Urutan ke 9 titik tertinggi adalah di pulau Lombok, Indonesia. Foto ini diambil dari Gili Trwangan yang memiliki pemandangan Gunung Rinjani di latar belakang. Gunung Rinjani, adalah gunung berapi aktif yang tingginya mencapai 12.224 kaki (3.726 m) dan memiliki danau kawah (kaldera) yang dikenal sebagai Segara Anak yang dalamnya sekitar 660 ft, 200 meter.

8. South Island, Selandia Baru – Aoraki/Mt. Cook

South Island, Selandia Baru, dengan Aoraki/Mt. Cook di latar belakang dan Danau Pukaki di latar depan. Mt. Cook National Park memiliki lebih dari 140 puncak yang tingginya lebih dari 6.600 kaki (2.000 m). Pulau Selatan (South Island) berada pada peringkat 8 karena adanya puncak Aoraki/Mount Cook setinggi 12.320 ft (3.755 m).

7. Pulau Honshu, Jepang – Gunung Fujiyama

Tanaman-tanaman berbunga ungu di latar depan titik tertinggi ke 7 di sebuah pulau, yaitu Gunung Fuji, yang puncaknya diselimuti dengan salju. Pulau Honshu, Jepang, berada pada peringkat 7, karena memiliki stratovulcano aktif yang menjulang setinggi 12.388 kaki (3.776 meter) yaitu Gunung Fuji.

6. Ross Island, Antartika – Gunung Erebus

Ross Island, Antartika, dengan Mt. Erebus terlihat di sini dengan segumpal asap. Ross Island menduduki peringkat ke 6 karena puncak gunung Erebus setinggi 12.448 kaki (3.794 m). Meskipun berada di Antartika, Ross Island diklaim oleh Selandia Baru.

5. Pulau Sumatera, Indonesia – Gunung Kerinci

Urutan ke 5 pada daftar pulau dengan titik tertinggi adalah Sumatera, Indonesia, dengan Gunung Kerinci. Dengan ketinggian 12.484 kaki (3.805 m), Gunung Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di pulau Sumatera, dan titik tertinggi ke-5 dari semua titik tertinggi pada pulau-pulau didunia. Kerinci dikelilingi oleh hutan lebat dari Taman Nasional Kerinci Seblat, rumah bagi spesies langka Harimau Sumatera dan Badak Sumatera.

4. Taiwan – Yushan

Urutan ke 4 adalah Taiwan, dengan Yushan, juga disebut Jade Mountain, menjulang sampai ketinggian 12.966 kaki (3.952 m). Di musim dingin, Yushan sering ditutup dengan salju tebal, membuat puncaknya bersinar seperti batu giok dan dari situlah dia mendapatkan namanya.

3. Pulau Kalimantan, Malaysia – Gunung Kinabalu

Titik tertinggi ke-3 di sebuah pulau adalah Kalimantan, Malaysia, dengan Gunung Kinabalu. Gunung Kinabalu menjulang hingga ketinggian 13.435 kaki (4.095 m) dan dilindungi sebagai Taman Nasional Kinabalu, Situs Warisan Dunia.

2. Big Island, Hawaii – Mauna Kea

Peringkat ke 2: Hawaii karena memiliki Mauna Kea. Mauna Kea menjulang setinggi 13.803 ft (4.207 m), sehingga dia menjadi titik tertinggi nomer 2 pada pulau di seluruh dunia. Hawaii tampaknya memiliki segalanya, dari pantai berpasir cantik hijau atau bahkan hitam, dan juga lava yang memasuki Lautan Pasifik di Hawaii Volcanoes National Park, serta puncak tinggi yang tertutup salju seperti yang terlihat di sini di Mauna Kea Observatorium

1. Pulau Papua, Indonesia – Puncak Jaya/Carstensz Pyramid

Rangking 1 pada daftar titik tertinggi pada sebuah pulau adalah pulau Papua, Indonesia, dengan Puncak Jaya yang memiliki ketinggian 4.884 m (16.024 ft) di Gunung Jayawijaya. Puncaknya juga disebut Carstensz Pyramid, secara lokal disebut sebagai Puncak Jaya, dan menjadi puncak tertinggi di seluruh Australia dan Oceania. Gunung ini diberi nama Cartensz setelah pelaut belanda John Carstensz melihat bahwa gunung di khatulistiwa ini diselimuti oleh es. Pada tahun 1623, tidak ada yang akan percaya cerita Carstensz ini tentang keberadaan es di sepanjang ekuator tropis. Laporannya saat itu ditertawakan. Ini adalah satu-satunya gletser tropis di Indonesia, dan saat ini mereka berkurang/menghilang akibat pemanasan global.

Untuk memperlihatkan penyusutan yang luar biasa yang terjadi pada glacier Puncak Jaya, bandingkan foto sebelah atas dan bawah ini. Foto sebelah atas diabadikan oleh JJ Dozy pada tahun 1936, sebelahnya oleh United States Geological Survey selama Ekspedisi Gletser Cartenz pada tahun 1972, dan sebelahnya lagi oleh astronot NASA di Stasiun Antariksa Internasional pada tahun 2005. Gambar Landsat dibawah menunjukkan puncak jaya dan lubang terbuka di dekatnya yang adalah tambang emas Freeport dan tiga gletser . Bumi Observatory mengatakan, “Saat ini Puncak Jaya hanya memiliki beberapa gletser di lerengnya, yaitu gletser Carstensz, gletser Meren, dan Northwall Firn.” Dalam gambar dibawah, “salju dan es berwarna biru sedangkan awan berwarna putih, tanah kapur berbatu tampak merah atau merah muda, ungu dan abu-abu yang mendalam adalah tambang tembaga sementara hutan hujan yang rimbun dari dataran rendah tampak hijau.