21 Rahasia Tubuh yang Selama ini Disimpan Para Dokter

Apa sih yang bakal kamu lakukan saat kamu cegukan? Atau kamu udah tahu belum cara yang paling efektif untuk ngurangin rasa sakit jarum suntik?

cewek-fitnes

Hayo…seberapa jauh sih kamu mengenal tubuhmu sendiri? Di dalam artikel ini, Hipwee akan berikan 21 rahasia yang berkaitan dengan tubuhmu, 21 rahasia yang belum tentu kamu tahu. Pengen tahu rahasianya apa saja? Langsung cek nih, rahasia-rahasia di bawah ini!

1. Tenggorokan Gatal? Nggak Perlu Buru-Buru Beli Obat!

Daripada beli obat, kamu bisa mencoba untuk menggaruk telingamu. Menurut dr. Scott Scaffer, kepala bagian THT di New Jersey, Amerika, menggaruk daun telinga akan memberikan rangsangan pada syaraf-syaraf telinga yang berpengaruh langsung pada syaraf tenggorokan. Rangsangan ini akan membuat syaraf tenggorokan bereaksi dan mengobati tenggorokanmu yang gatal.

2. Daya Tangkap Kupingmu Itu Memang Berbeda

Menurut penelitian yang dilakukan oleh UCLA (University of California) ternyata kuping kita memiliki sensitifitas yang berbeda terhadap suatu rangsangan. Kuping kiri kita akan lebih peka terhadap irama dan tone musik, sedangkan kuping kanan akan lebih peka terhadap suara dan kata-kata. Hmm, pantas saja kalau lagi angkat telfon kita lebih sering menggunakan kuping kanan ya?!

3. Takut Jarum Suntik? Praktekan Saja Rahasia Kecil Ini!

Buat kamu yang takut jarum suntik, batuklah saat kamu akan disuntik! Nah, jadi menurut British Medical Journal, batuk itu ternyata mampu mengurangi rasa sakit saat disuntik. Hal ini karena batuk akan menyebabkan tekanan udara di dada berubah secara mendadak yang menghambat kerja syaraf rasa sakit di sumsum tulang belakang.

4. Ngantuk Setelah Kekenyangan? Usahakan Tidur Miring Ke Kiri

Sering kan merasa ngantuk dan kemudian jatuh tertidur setelah makan banyak?

Jika ini sering terjadi maka mulai usahakan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri agar kamu terhindar dari heartburn. Buat kamu yang belum tahu apa itu heartburn, itu adalah rasa nyeri di dada akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Tidur miring ke kiri akan menyebabkan lambungmu lebih rendah dari posisi kerongkongan sehingga asam lambungmu tidak mengalir ke kerongkonganmu.

Jadi kamu nggak ngalamin lagi deh sakitnya heartburn.

5. Tindihan Itu Belum Tentu Gara-Gara Ada Setannya Lho!

Beberapa orang sering merasa tindihan atau kelumpuhan tidur kan? Jangan buru-buru nyalahin setan atau hantu gangguin kamu. Tindihan bisa dijelaskan secara medis, karena itu sebenarnya adalah saat dimana tubuhmu tidak sepenuhnya tidur, tapi juga tidak sepenuhnya bangun. Teori yang paling umum mengatakan bahwa tindihan adalah akibat terhenti tiba-tibanya fase REM, yaitu fase tidur yang paling dalam dan nyenyak. Selain itu, otak bagian tengah akan menjadi lebih aktif dari biasanya — dan inilah kondisi yang mengakibatkan mereka yang tindihan berhalusinasi atau jadi paranoid.

6. Mau Mimpi Apa Malam Ini?

Dengan banyak-banyak latihan, kamu sebenarnya bisa mengatur mimpi-mimpimu lho! Pernah dengar istilah lucid dream kan?! Untuk mensetting mimpimu cobalah untuk memikirkan mimpi yang kamu inginkan sebelum tidur. Setelah kamu tertidur, otak akan bekerja untuk menciptakan mimpi yang kamu inginkan.

Jika kamu memang mau mencoba mensetting mimpi, mulai latihan dengan cara ini.

7. Gagal Bersin?

Merasa hidung gatal, ingin bersin tapi yang ada nggak jadi bersin memang nyebelin kadang-kadang. Ada trik kecil yang bisa kamu lakukan agar kamu bisa sukses bersin. Jadi jika kamu merasa hidung udah nggak enak dan tanda-tandanya kamu bakal bersin, maka palingkan pandanganmu ke arah cahaya.

8. Pengen Diet? Ganti Pringmu dengan Mangkok

Berbeda dengan piring yang memiliki permukaan lebar, permukaan mangkok yang lebih kecil daripada piring akan membuatmu mengambil porsi makanan yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan menggunakan piring. Selain itu kesan “penuh” dalam mangkok pasti bikin kamu males ngambil makanan banyak-banyak, kan?

9. Teman Yang Paling Pas Buat Makanan Extra Pedas Itu…

Susu atau yoghurt. Jadi jika kamu lagi makan makanan yang pedasnya nggak ketulungan obati dengan segelas susu hangat atau dampingi dengan yogurt.

10. Iringan Musik Yang Paling Pas Buat Jam Belajar Itu..

Ganti playlistmu saat kamu ingin berkonsentrasi dengan musik klasik gubahan John Sebastian Bach.

Musik klasik emang paling oke buat belajar dan bikin fokus, tapi musik karangan J.S Bach ternyata terbukti paling ampuh untuk membuatmu fokus. Alasannya adalah karena musik-musik Bach memiliki tempo yang hampir sama dengan detak jantung kita sehingga membuatmu tetap fokus, namun tidak membuatmu terlalu bersemangat.

11. Ketika Menghadapi Situasi Yang Bikin Nervous

Lakukan hal ini kapanpun kamu akan menghadapi situasi yang bakal bikin kamu nervous. Duduk, lihat ke atas dan tersenyumlah, tahan pose ini sampai kamu merasa kamu udah agak tenang dan sedikit bersemangat. Tindakan ini ternyata mampu menurunkan kortisol (hormon stress) serta meningkatkan hormon testosteron. Hasilnya, kamu akan lebih tenang sekaligus bersemangat.

12. Minumlah Segelas Air Sebelum Dan Sesudah Tidur

Meminum air putih sebelum tidur akan membantu untuk menjaga kelembaban kulit dan tubuhmu, melenyapkan racun, serta memberikan energi selama kita tidur. Sedangkan meminum air putih setelah tidur akan membantu proses detoksifikasi tubuh, melancarkan buang air besar, membuatmu terlihat awet muda hingga membantu kekebalan imun tubuh.

13. Minum Air Putih Sebelum Makan

Kebiasaan ini cocok banget dilakukan buat yang pengen diet. Meminum air putih sebelum makan akan menyadarkan otak, tentang kebutuhanmu. Apakah kamu benar-benar lapar atau hanya sekadar haus, rasa haus ini bisa diidentifikasi otak sebagai rasa lapar lho kadang-kadang! Oleh karena itu minum air putih sebelum makan akan menghindarkanmu dari makan berlebih.

14. Minum Kopi Sebelum Tidur Siang

Jika kamu ingin tidur siang, namun takut kebablasan maka minum segelas kopi sebelum kamu tertidur. Umumnya, kafein dalam kopi akan bekerja dalam 20 menit, jadi kamu bisa merasakan segar bugar karena efek kafein pas kamu bangun tidur nantinya.

15. Ilangin Rasa Haus Saat Puasa

Puasa memang wajib menahan rasa haus, namun ternyata ada trik khusus jika kamu merasa haus. Caranya adalah dengan melipat lidahmu menjadi seperti pipa, kemudian ambil nafas dengan posisi itu.

16. Ini Dia Cara Ngilangin Pegal-Pegal dan Sakit Di Punggung

Menaruh bantal di lutut saat kamu akan tidur, mandi air hangat dan banyak-banyak minum air putih juga bisa membantumu meringankan sakit punggung ini.

17. Hentikan Cegukan dengan Gula

Daripada kamu bingung cari cara ini itu hanya demi menghentikan cegukan, coba hentikan cegukanmu dengan setengah hingga satu sendok gula pasir. Gula ini bisa menghentikan cegukan karena menelan gula yang lengket dapat mengubah irama pernafasan, jadi cegukanmu bisa berhenti deh.

18. Berikan Matamu Sedikit Sentuhan

Usapkan air dingin atau taruh mentimun dingin di matamu saat kamu merasa lelah dan capek untuk membuatmu merasa segar kembali. Atau kamu juga bisa membeli kompres mata dengan aneka model dan bentuk yang bisa kamu gunakan sesukamu.

19. Perbanyak Menguap Saat Berada Di Pesawat

Terbang dalam waktu yang lumayan lama akan membuat kupingmu terasa sakit karena perbedaan tekanan udara. Untuk mengatasinya menguaplah dengan frekuensi yang lebih sering. Menguap akan membantu menyeimbangkan tekanan udara di luar tubuh dan di dalam tubuhmu sehingga kupingmu tidak akan lagi terasa sakit.

20. Garam Untuk Atasi Rasa Mualmu

Ada kalanya kita merasa mual dan pusing tanpa sebab yang jelas. Jika kamu malas ribet, maka kamu bisa menyesap sedikit garam untuk mengatasi rasa mualmu ini.

21. Hentikan Kebiasaanmu Merokok Sesudah Makan!

Merokok sehabis makan menurut para ahli sebanding dengan kamu merokok 10 batang rokok. Nah, lho! Kamu sudah tahu kan bahaya merokok? Buat kamu yang masih pengen ngerokok, mending kamu baca ini dulu deh. Tapi kalau kamu masih mau merokok, resiko ditanggung penumpang ya!

Nah, itu dia 21 rahasia tentang tubuh yang bisa jadi belum kamu tahu, atau kamu punya rahasia lain? Boleh banget di-share di kolom komentar biar teman-teman yang lain juga bisa tahu dan lebih mengenal tubuh mereka. Nggak ada salahnya kan sharing info, tips dan trik?!

Sumber “

Kodokoala: Gaya Hidup dan Kesehatan