4 Langkah perlu dipersiapkan 5-10 tahun sebelum pensiun

Katakepo.blogspot.com – Tidak dipungkiri, banyak faktor akhirnya mendorong seseorang berhenti bekerja di sebuah perusahaan. Politik kantor, peraturan ketat, beban kerja, gaji, tak ada bonus, kondisi perusahaan tidak stabil, dan masih banyak hal lain bisa dijadikan alasan meninggalkan perusahaan. Namun, idealnya keputusan itu tidak dibangun atas dasar emosi sesaat sehingga mengesampingkan pentingnya sebuah perencanaan sebelum berhenti bekerja.
Ini juga berlaku dalam proses pengambilan keputusan pensiun di usia muda. Setelah memantapkan diri dengan keputusan untuk pensiun, sisihkan waktu cukup panjang buat mempersiapkan segala sesuatu yang akan dijalankan usai pensiun. Tidak bisa 1-2 tahun, perlu lebih banyak waktu.
“Persiapan idealnya kalau bisa 5-10 tahun sebelum memutuskan benar-benar pensiun. 
Tips yang bisa dilakukan dalam kurun waktu 5-10 tahun sebelum pensiun. Berikut paparannya.

Menabung

Dalam pandangannya, kunci dari pensiun usia muda sebenarnya sederhana. Dimulai dari kebiasaan menabung untuk bekal atau modal ketika memutuskan membangun kerajaan bisnis sendiri.
“Ini tujuannya untuk mencukupi dana setelah melompat dari karyawan menjadi wirausaha,” ujarnya.
Semakin banyak waktu menabung untuk bekal pensiun,
potensi mewujudkan impian semakin besar. Bagi Anda yang baru menyadari pentingnya menabung di usia menjelang 40 tahun, jangan khawatir. Semua belum terlambat.

Pilih investasi jangka panjang

Sebelum benar-benar pensiun, disarankan memulai investasi sebagai modal di masa depan. Pelbagai pilihan bisa diambil mulai dari saham, obligasi dan reksadana. Yang perlu dilakukan memilih program investasi jangka panjang.
“Pahami dulu program investasinya untuk mempelajari terlebih dulu risiko investasi yang ada. Beda investasi tentu beda risiko.”
“Bisa mengonsultasikannya dengan perencana keuangan untuk mendapatkan rekomendasi produk investasi yang cocok,” ungkapnya.

Berpikir Kreatif

Seseorang perlu berpikir kreatif dan inovatif sebelum memutuskan pensiun. Ini dibutuhkan sebagai strategi menentukan langkah yang cocok untuk meneruskan hidup saat tak lagi bekerja di sebuah perusahaan.
“Biasanya seseorang sebelum memutuskan pensiun dini, sebaiknya menyiapkan usaha seperti menjalani bisnis. Disarankan bisnis ini sesuai dengan hobinya,”.

Pisahkan rekening dana pensiun

Sebaiknya jangan memakai dana darurat untuk berinvestasi dana pensiun. Dana darurat dipersiapkan dalam kondisi tertentu dan bisa dicairkan sewaktu-waktu. Sementara itu, dana pensiun memiliki tujuan jangka panjang.
“Pisahkan dana apapun mau pribadi ataupun darurat, karena dana pensiun dilakukan untuk dana cadangan minimal 12 bulan hidup ke depan,”.