5 Alat Transportasi Jaman Dulu di Jakarta yang nge-TOP

5 Alat Transportasi Jaman Dulu di Jakarta yang nge-TOP
Uniknya transportasi di Jakarta pada tempo dulu membuat kita bertanya-tanya, “Apa jadinya jika semua transportasi tersebut masih ada sampai sekarang?”.
Jika kita mencoba mengenang akan apa yang pernah ada di Jakarta sekitar tahun 1880-1900 mungkin dapat membuat kita sedikit bersyukura akan adanya angkutan umum seperti Metromini, Mikrolet, dll. Walaupun akhir-akhir ini kasus kecelakaan yang disebabkan oleh Metromini sedang memuncak.
Namun, mari kita kembali ke masa lalu, masa dimana Jakarta disebut sebagai, tempoe doeloe.
Bagaimana kalau kita ibaratkan angkutan-anglutan umum jadoel yang di bawah ini sebagai selebriti tempo dulu? Dan, kita lihat siapa yang menjadi primadonanya:

1.Trem

Trem
[lihat.co.id] – Waktu itu, Jakarta masih bernama Batavia. Pada masa itu, ada angkutan yang bernama Trem, yang bentuknya seperti kereta tak bergandeng, tak panjang, namun tak intensif. Oleh sebab itu, karir perbintangan Trem hanya bertahan sampai tahun 1960 saja. Presiden Soekarno sendiri yang menghentikan operasional Trem. Beliau menganggap trem tak cocok untuk berada di Jakarta.
Trem
[lihat.co.id] – Awalnya, Trem menggunakan tenaga kuda. Sekitar awal tahun 1881, tenaga kuda digantikan dengan Trem uap. Kemudian digantikan lagi dengan tenaga listrik, dan berganti nama menjadi Trem listrik.
2.Helicak
Helicak
[lihat.co.id] – Pernah melihat kendaraan ini? Helicak, helikopter-becak. Cukup terkenal dalam dunia angkutan umum. Beroperasi pada masa kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin pada 1971 silam. Helicak digunakan untuk menggantikan posisi becak yang tak manusiawi. Mesin dan bodi Helicak berasal dari skuter Lambretta asal Italia.
3.Bemo
Bemo
[lihat.co.id] – Sampai sekarang, Bemo masih beroperasi di sebagian wilayah Jakarta. Bemo mengawali karirnya di Jakarta pada 1962. Jika sekarang ada Bajaj, dahulu ada Bemo yang menjadi angkutan umum favorit.
4.Oplet
Oplet
[lihat.co.id] – Oplet sangat terkenal karena perannya di film ‘Si Doel Anak Sekolahan’. Era 90-an adalah masa kejayaan bagi Oplet. Tahukah kamu, bahwa Mikrolet merupakan evolusi dari Oplet. Mikrolet, gabbungan dari kata Mikro (kecil) dan Oplet.
5.Bis Tingkat
Bis Tingkat
[lihat.co.id] – Masih dari era 90-an, Bis Tingkat adalah primadona dari semua angkutan tempoe doeloe. Kini, Bis Tingkat menjadi sesuatu hal yang dirindukan. Karena sifatnya yang modern, lagipula menyerupai bis Doubledecker di London.Namun, jangan takut, bulan Oktober nanti Bis Tingkat akan kembali beroperasi sebagai bis wisata di Jakarta.