5 Cara Mencuci Bahan Jeans yang Tepat

Katakepo.blogspot.com – Meski berbahan tebal dan nampak tangguh, bahan jeans sebenarnya memerlukan cara pencucian yang khusus agar dapat bertahan lama dan warnanya tak mudah pudar. Ini dia cara pencucian jeans yang tepat seperti yang disarankan dari kedua situs yakni About Style dan Reviewed.com

1. Cuci Jika Perlu
Anda tidak perlu harus mencuci celana jeans setelah habis dikenakan. Mencuci jeans yang benar adalah saat benar-benar terlihat kotor dan berbadu tak sedap.

2. Hindari Mesin Cuci
Jika harus menggunakan mesin cuci, setidaknya, sebelum memulai proses mencuci, balik posisi celana jeans bagian dalam agar berada di luar, dan gunakan pengaturan mesin yang memang dikhususkan untuk bahan ini. Jika tak ada, pilihlah pengaturan pencucian paling lembut.

3. Hindari Sabun Cuci
Alih-alih menggenakan sabun cuci yang membuat pudar warna jeans, lebih baik menggunakan cuka. Karena selain menjadi pembersih alami, cuka dapat menjadi pengunci warna celana jeans. Caranya mudah, rendam jeans dengan air dingin yang dicampur dengan secangkir cuka selama sejam. Kemudian keringkan. Jangan khawatir dengan bau cuka, karena saat kering baunya akan hilang.

4. Membersihkan Noda
Saat jeans terkena noda, jangan langsung mencucinya. Gunakan penghilang noda terlebih dahulu pada area yang terkena noda, dan diamkan beberapa menit. Kemudian basahkan area tersebut dan sikat.

5. Mengeringkan
Aturan utama dalam mengeringkan bahan jeans adalah jangan menjemurnya langsung dibawah sinar matahari terik. Tempatkan pada area yang teduh. Jika Anda enggan menggunakan cuka, ada cara lain, yakni mencuci dengan pembersih pakaian untuk bahan lembut. Rendam selama 20 menit dan bilas dengan air hangat.