5 Cara menumbuhkan kembali kepercayaan diri pasca perceraian

Katakepo.blogspot.com – Proses perceraian pasti menyakitkan bagi siapapun. Selagi Anda menjadi perasaan putra-putri Anda (bagi yang sudah memiliki), atau selagi Anda berusaha menata ulang kembali kehidupan lajang Anda, rasa tidak percaya diri dan merasa tidak berharga kerap menghampiri. Bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini tipsnya, dilansir dari Huffington Post.

1. Belajar ikhlas
Yakinkan pada diri Anda bahwa merasakan turunnya tingkat percaya diri pasca bercerai itu wajar. Normal sekali bagi Anda untuk merasa ditolak atau tidak cukup layak untuk dicintai. Namun, jangan sampai Anda membiarkan diri larut dalam pikiran-pikiran ini, ya. Pegang kontrol emosi Anda sendiri.

2. Lebih memahami
Semua hubungan di dunia ini pasti berakhir, entah karena perpisahan maupun kematian. Jadi, tidak ada gunanya Anda menyalahkan diri atau menyesali kegagalan hubungan yang lalu karena semuanya sudah diatur oleh Yang Di Atas.

3. Buka diri
Mungkin selama masih menikah, Anda terlalu berfokus pada kebutuhan suami dan anak-anak dan melupakan kebutuhan mental Anda sendiri. Mulai sekarang, Anda punya lebih banyak waktu untuk merenung. Belajarlah untuk menerima kesalahan diri sendiri dan perbaiki.

4. Perluas lingkungan sosial
Mengapa Anda malah merasa terkungkung pasca bercerai? Inilah waktu untuk Anda memperluas sayap pergaulan. Kembangkan hobi atau bakat yang punyai dengan waktu berlimpah yang Anda miliki untuk diri sendiri. Jangan biarkan waktu luang Anda terbuang percuma.

5. Jalin ulang silaturahmi
Bisa jadi Anda terlalu terpaku pada pekerjaan rumah sehingga jarang menghubungi teman dekat saat masih berumah tangga. Perbaiki hubungan baik dengan sahabat-sahabat Anda. Ingatkan pada diri Anda bahwa mereka tidak boleh dilupakan lagi saat nanti Anda sudah menjalani kehidupan cinta lagi.

Tidak ada alasan untuk berlama-lama berkubang dalam kekecewaan pasca bercerai.