5 Hal tentang lemak ini patut diketahui

Katakepo.blogspot.com – Selama ini lemak mendapatkan predikat jahat sebagai penyebab kegemukan. Banyak orang melakukan diet rendah lemak untuk memerangi kenaikan berat badan. Namun lemak sebenarnya diperlukan sebagai sumber energi.

Berikut ini adalah informasi tentang lemak dan minyak yang selama ini jarang diketahui. Semuanya dilansir dari healthmeup.com.

Lemak berguna untuk kesehatan
Lemak memainkan peranan penting dalam menyerap 4 vitamin larut yang penting bagi tubuh yaitu vitamin A, D, E, dan K. Lemak juga dapat menimbulkan perasaan cepat kenyang. Selain itu lemak juga penting bagi produksi cairan tubuh dan membran sel.

Lemak tinggi akan kalori
Semua lemak mempunyai kalori yang tinggi. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebuah lembaga kesehatan di Amerika merekomendasikan untuk membatasi konsumsi lemak sekitar 15-30% dari total kalori kita setiap harinya.

Lemak memicu serangan jantung dan stroke
Lemak jenuh dan lemak trans akan meningkatkan kolesterol dalam darah. Kolesterol ini akan menyumbat pembuluh darah dan menghambat sirkulasi darah ke jantung. Selain dapat memicu serangan jantung, penyumbatan ini akan mengakibatkan stroke atau kelumpuhan.

Lemak jenuh
Lemak mempunyai 2 jenis yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Lemak jenuh berbahaya bagi kesehatan jantung karena dapat meningkatkan kolesterol LDL. Lemak ini terdapat di dalam olahan hewani, minyak kelapa, dan kuning telur.

Lemak mempengaruhi kesuburan
Terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat mempengaruhi kesuburan seseorang terutama bagi pria. Pria yang mengonsumsi asupan lemak total yang tinggi akan mempengaruhi jumlah dan konsentrasi sperma yang rendah.

Sama seperti nutrisi lainnya, lemak juga diperlukan oleh tubuh. Namun Anda harus berhati-hati dan membatasi jumlah konsumsinya agar tidak berbahaya bagi kesehatan.