5 Kebiasaan ‘sehat’ yang tidak menyehatkan

Katakepo.blogspot.com – Demi tetap hidup sehat dan bugar, Anda pun mengikuti semua saran pola hidup sehat yang dianjurkan seperti makan dengan teratur dan seimbang, tidur cukup, serta rajin berolahraga. Tidak hanya itu Anda pun juga sangat perhatian dengan kebersihan tubuh dan lingkungan Anda.

Namun ternyata hidup dengan kebiasaan sehat yang terlalu berlebihan seperti di bawah ini malah membuat Anda rentan terkena penyakit.

Menggunakan hand sanitizer terlalu sering
Demi menjaga kebersihan maka Anda sering menggunakan hand sanitizer. Apalagi hand sanitizer yang mengandung triclosan. Padahal menurut sebuah penelitian triclosan malah membuat bakteri semakin kebal.

Menyikat gigi setelah makan
Makanan yang menempel di gigi lama-kelamaan akan melemahkan lapisan enamel gigi. Oleh karena itu Anda pun memilih untuk menggosok gigi setelah makan. Padahal kebiasaan ini malah akan membuat gusi menjadi lemah sehingga gusi Anda pun rentan terluka.

Melompati jam makan
Melompati jam makan dianggap dapat membuat tubuh Anda lebih kurus dan juga memberikan kesempatan pada makan untuk tercerna dengan baik. Namun nyatanya melompati jam makan malah membuat lebih rakus dengan menambah porsi makan di jam makan berikutnya.

Mengonsumsi air kemasan
Anda berpikir bahwa air dalam kemasan sangat baik untuk kesehatan karena tidak terkontaminasi dengan berbagai macam bakteri dan lebih steril. Namun bahan kimia dari kemasan air tersebut lama-kelamaan akan mengontaminasi kesehatan Anda.

Mengonsumsi vitamin dan obat-obatan
Demi menunjang kesehatan, Anda pun memilih untuk mengonsumsi vitamin berbentuk pil ataupun tablet. Padahal pil atau tablet tersebut mempunyai efek samping kimia yang berbahaya. Oleh karena itu lebih baik Anda mengonsumsi vitamin yang berasal dari makanan alami daripada obat-obatan berbahan kimia.

Menjaga kesehatan memang penting untuk dilakukan. Namun pastikan Anda memilih cara yang bijak untuk menjaga kesehatan Anda.