5 Kebiasaan yang membuat orang tak bahagia

Katakepo.blogspot.com – Kebiasaan sejatinya tak datang dari luar, melainkan dimulai dari dalam diri sendiri. Pepatah ini memang benar adanya. Kebahagiaan tak ditentukan oleh banyak sedikitnya materi atau masalah yang dimiliki oleh seseorang. Terkadang kebahagiaan dipengaruhi oleh sikap orang itu sendiri.

Tak jarang, sebenarnya kebahagiaan juga dipengaruhi dengan pilihan-pilihan dan kebiasaan yang dimiliki seseorang sehari-hari. Memang ada keadaan yang membuat orang tak bahagia, namun seringkali hal ini juga dipengaruhi oleh sikap orang tersebut dalam menghadapi masalah. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang banyak dilakukan orang yang tak bahagia.

Terlalu perfeksionis

Apakah hidup harus sempurna dulu baru Anda akan merasa bahagia? Jika jawaban Anda ‘iya’, maka kemungkinan Anda tak akan pernah bisa merasa bahagia. Tak ada yang sempurna di dunia ini dan mengharapkan semua hal untuk sempurna adalah hal yang mustahil didapatkan. Bersikap terlalu perfeksionis dan menerapkan standar yang tidak manusiawi hanya akan membuat Anda terus merasa rendah diri dan tidak puas atas apapun yang dilakukan dan didapatkan.

Kita hidup di dunia nyata yang tidak sempurna. Kegagalan dan kesalahan adalah bagian dari hidup dan itu adalah hal yang wajar terjadi. Terima itu dan turunkan kadar perfeksionis Anda. Tetapkan target yang masuk akal dan terimalah batasan diri Anda. Dengan begitu Anda akan menjadi lebih mudah berbahagia.

Berkubang di masa lalu

Salah satu kebiasaan yang membuat banyak orang tak berbahagia adalah karena mereka hidup di masa lalu dan tak ingin melangkah ke masa depan yang lebih baik. Banyak orang menyesali keputusan mereka di masa lalu atau menyesali perbuatan mereka yang buruk dan salah. Namun ini tak ada gunanya. Masa lalu adalah masa lalu yang tak bisa diubah. Karena itu, berkubang di masa lalu hanya akan membuat hidup Anda stagnan, tak berubah, dan tak menjadi lebih baik.

Masa lalu sering membawa penyesalan, lepaskan saja. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran yang bisa mengubah masa depan Anda menjadi lebih baik. Masa depan Anda tak bergantung pada masa lalu, namun lebih pada tindakan Anda saat ini. Jika masa lalu membuat Anda tak berbahagia, lepaskan saja. Terima apapun yang sudah terjadi di masa lalu, dan segeralah bergerak menuju masa depan.

Mendendam

Menyimpan dendam adalah hal yang mudah dilakukan, terutama jika Anda adalah pihak yang tersakiti. Anda merasa berhak menyimpan dendam dan berhak melakukan pembalasan. Namun tahukah Anda, dendam sama seperti bara api yang tak hanya membakar musuh tetapi juga membakar diri Anda sendiri. Menyimpan dendam adalah salah satu kebiasaan yang membuat orang kehilangan kebahagiaan mereka.

Kebahagiaan tak akan datang dari perasaan negatif. Sementara mendendam berarti Anda membiarkan perasaan dan energi negatif terus berada dalam diri Anda. Menyimpan dendam sama seperti meracuni diri Anda sendiri dan menghalangi Anda untuk berbahagia. Lepaskan segala bentuk dendam dan maafkan orang yang menyakiti Anda. Dengan begitu Anda akan merasa damai dan lebih mudah berbahagia.

Sering merendahkan diri sendiri

Diri Anda juga dibentuk oleh pikiran Anda sendiri, baik positif maupun negatif. Kebanyakan orang tak sadar bahwa mereka memandang rendah diri mereka sendiri. Contohnya ketika mereka ingin melakukan sesuatu yang besar, dalam diri mereka selalu ada yang menghalangi seperti “Ah, aku tidak bisa melakukannya”, “Kemampuanku tak cukup”, dan lainnya.

Sangat sulit berbahagia jika Anda masih sering memandang rendah diri sendiri. Anda harus menjadi sahabat bagi diri sendiri. Jangan sakiti diri sendiri dengan mengatakan hal-hal buruk pada diri Anda.

Terlalu mengejar materi

Kebahagiaan tak bisa dibeli dengan materi. Apakah dengan membeli semua benda yang Anda inginkan Anda akan menjadi bahagia? Banyak orang yang menggantungkan kebahagiaan mereka hanya pada kelimpahan materi yang mereka miliki. Jika mereka tak mendapatkan benda yang diinginkan, mereka tak bisa berbahagia.

Jangan gantungkan kebahagiaan Anda pada hal kecil seperti uang, gadget mahal, atau benda-benda mewah lainnya. Cepat atau lambat Anda akan sadar bahwa materi tak akan membuat Anda bahagia. Selain itu, terlalu mengejar materi akan membuat Anda kurang bersyukur karena akan selalu ada barang-barang baru yang ingin Anda miliki. Kurang bersyukur adalah salah satu penghalang munculnya rasa bahagia.

Itulah beberapa kebiasaan yang bisa membuat orang tak bahagia. Jika Anda merasa memiliki satu atau beberapa di antaranya segera kurangi dari sekarang, dan mulailah berbahagia!