5 Makanan ini bikin sperma kalah sebelum berperang

Katakepo.blogspot.com – Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola makan yang buruk dapat mengurangi kualitas sperma. Untuk membuat sperma kuat berenang mencapai tujuannya dan membuahi sel telur, pria disarankan untuk menjaga pola makan mereka.
Nah, berikut adalah beberapa makanan yang bisa bikin sperma kalah sebelum berperang, seperti dilansir Yahoo! Health. Jika Anda tidak bisa menjauhinya, sebaiknya batasi karena itu berdampak buruk pada kesehatan Anda.

Daging olahan

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard pada 2014, pria yang mengonsumsi daging olahan memiliki sperma normal 23 persen lebih sedikit daripada orang yang jarang makan daging olahan.
Sementara itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Epidemiology pada 2014 juga mengungkapkan hal yang sama – bahwa makan daging olahan dapat menurunkan jumlah sperma.

Susu tinggi lemak

Menurut studi yang diterbitkan di Human Reproduction pada 2013, dewasa muda yang makan setidaknya dua gelas susu tinggi lemak per hari cenderung memiliki jumlah sperma lebih sedikit.
Para ilmuwan mengatakan bahwa pestisida dan kontaminan lainnya di lingkungan yang kemudian tertarik pada lemak dalam susu. Hal itu diduga menyebabkan jumlah sperma menurun.
Studi lain yang diterbitkan di Fertility and Sterility pada 2014 mengungkapkan bahwa pria yang mengonsumsi jumlah sperma 33 persen lebih tinggi dibanding mereka yang minum lebih sedikit atau menggantinya dengan susu rendah lemak.

Produk non-organik

Dalam sebuah penelitian yang dipresentasikan pada 2014 American Society for Reproductive Medicine Annual Meeting, pria yang paling banyak mengonsumsi residu pestisida memiliki sperma normal 64 persen lebih rendah dibanding mereka yang makan lebih sedikit.
Residu pestisida dapat merusak keseimbangan hormon dan mengganggu produksi sperma. Sebagai gantinya, Anda bisa membeli sayur atau buah organik yang berdampak baik pada kesehatan reproduksi pria.

Alkohol

Sebuah studi yang dilakukan di Brasil pada 2012 mengatakan bahwa alkohol memiliki dampak negatif pada konsentrasi sperma dan motilitas (kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur).
Minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan stres oksidatif pada keseluruhan tubuh, yang menjadi penyebab utama infertilitas pria. Dan studi lain yang dilakukan di Denmark menemukan bahwa minum alkohol secara teratur – meski sedikit – dapat membahayakan kualitas sperma.

Minuman berpemanis

Dalam sebuah studi yang diterbitkan dalam Human Reproduction, minum minuman berpemanis (soda, teh kemasan, minuman energi) secara teratur dapat mempengaruhi motilitas sperma, kemampuan sperma untuk berenang menuju sel telur. Studi tersebut melibatkan 189 pria muda yang sehat.
Minuman berpemanis juga meningkatkan risiko resistensi insulin, yang pada gilirannya dapat menyebabkan stres oksidatif dan itu bisa merusak sperma.
Inilah lima makanan yang bikin sperma kalah sebelum berperang. Jika Anda ingin segera punya anak, sebaiknya hindari makanan di atas, karena itu bisa mengganggu kesuburan Anda.