5 Produk populer yang tamat riwayatnya di tahun 2013

Katakepo.blogspot.com – Selama tahun 2013 ini ada banyak produk dan inovasi baru diciptakan, namun ada juga banyak produk yang ‘dibunuh’ dalam setahun.

Memang tidak semua produk tersebut memiliki banyak pengguna, namun beberapa di antaranya adalah produk baru yang berumur belum terlalu lama dari awal penciptaannya.

Berikut beberapa produk yang harus ‘dibunuh’ selama tahun 2013 ini.

1. HTC First

Di pertengahan tahun lalu, Facebook menggandeng HTC untuk merilis Facebook Home atau tampilan mirip launcher di perangkat smartphone milik HTC.

Sayangnya, tidak seperti ketika masih berstatus rumor, ketika sudah diluncurkan, ternyata HTC First tidak mencapai apa yang diharapkan. Dikarenakan gagal di penjualan, walaupun Facebook Home masih diteruskan, HTC memutuskan untuk ‘membunuh’ HTC First lebih awal.

2. iPhone 5

Sesaat sebelum dirilisnya 2 smartphone dari Apple yaitu iPhone 5C dan iPhone 5S, Apple menghentikan distribusi iPhone 5 yang hanya terpaut beberapa bulan setelah peluncuran kedua produk baru itu.

Hal tersebut dikarenakan apa yang dibawa oleh iPhone 5C/5S lebih baik dibandingkan dengan iPhone 5 sendiri walaupun ketiganya masih membawa icon nama “5” sebagai urutan smartphone produksi Apple.

3. Winamp

Setelah beberapa tahun digunakan dan memiliki popularitas yang tinggi, Winamp atau software pemutar data MP3 atau juga video dengan beberapa format khusus, akhirnya harus dihentikan dan mati.

Berakhirnya Winamp dikancah digital ini secara resmi adalah pada tanggal 20 Desember nanti. Alasan ‘dibunuhnya’ Winamp karena AOL selaku pemilik Winamp mengatakan bahwa software tersebut tidak menguntungkan.

4. Google Reader

Banyak orang terutama pengguna setia Google Reader yang kecewa bahkan marah ketika Google mengumumkan akan menutup layanan populernya itu.

Walaupun dikatakan sebagai layanan populer namun menurut Google, Google Reader tidak menghasilkan banyak keuntungan bagi mereka.

5. Altavista

Sebelum search engine atau mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo! atau lainnya ada, Altavista lebih dahulu muncul sebagai tempat pencari informasi.

Namun, Yahoo! menutup mesin pencari ini untuk selamanya per tanggal 08 Juli 2013 lalu beserta 11 produk mereka lainnya.