5 Tips mengenali gejala depresi pada diri sendiri

Katakepo.blogspot.com – Setiap orang pasti pernah mengalami depresi atau stres. Bahkan banyak orang yang tak menyadari bahwa sesungguhnya mereka tengah mengalami depresi. Depresi, seperti masalah mental lainnya, memang tak menunjukkan gejala yang pasti dan tampak sehingga bisa dengan mudah dikenali.

Untuk itu, seseorang harus benar-benar memahami dirinya dan mengenali tanda-tanda depresi pada diri mereka sendiri. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengetahui apakah Anda sedang merasa depresi atau tidak, berikut adalah tips yang bisa dilakukan untuk mengetahuinya.

Dengan mengenali beberapa tanda ini, Anda bisa dengan mudah mengetahui apakah sedang mengalami depresi atau tidak, seperti dilansir oleh Mag for Women.

1. Malas melakukan hal baru
Salah satu tanda depresi adalah ketika seseorang tak berkembang. Apakah Anda malas untuk mencoba hal-hal baru atau bereksperimen dengan hal-hal yang Anda sukai? Jika iya, Anda berkemungkinan mengalami depresi. Depresi akan membuat Anda merasa tak lagi menikmati aktivitas dan kehidupan yang menarik. Anda lebih betah berada pada situasi yang stagnan tanpa harus banyak bertindak.

2. Menangis tanpa alasan
Tangisan adalah salah satu cara manusia menunjukkan emosi mereka. Jika Anda merasa baik-baik saja, namun kemudian Anda menangis tanpa alasan yang jelas, itu adalah tanda depresi. Waspadai juga ketika hal-hal kecil yang konyol bisa membuat Anda menangis cukup lama. Ini bisa menunjukkan bahwa Anda sedang mengalami stres atau depresi.

3. Lebih sering tidur
Anda merasa sedih sepanjang waktu dan lebih senang menghabiskan waktu untuk tidur daripada beraktivitas atau bertemu orang lain. Merasa sedih dan selalu ingin menyendiri atau tidur adalah salah satu tanda bahwa Anda merasa depresi. Jika Anda mengalami hal ini sebaiknya segera hentikan dan bertemulah dengan orang lain. Menyendiri tak akan membuat depresi menghilang atau membuat Anda merasa lebih baik.

4. Kehilangan minat pada kehidupan
Anda menjadi tak tertarik pada apapun. Tak ada hal di dunia ini yang membuat Anda tertarik. Anda merasa dunia menjadi tempat yang membosankan dan merasa hidup sudah tak ada artinya lagi. Jika Anda sudah merasa tak tertarik pada kehidupan dan hanya menjalani hidup apa adanya, itu artinya Anda mengalami depresi.

5. Mudah marah
Anda merasa mudah marah, frustasi, dan lelah sepanjang waktu. Hal-hal kecil bisa membuat Anda merasa kesal. Bahkan terkadang Anda justru merasa kesal dan frustasi tanpa alasan. Ini adalah tanda depresi yang umum dialami oleh banyak orang.

Jika Anda banyak mengalami tanda di atas, itu artinya Anda memang mengalami depresi. Jangan terburu-buru meminum obat antidepresan karena depresi bisa disembuhkan dengan cara-cara alami. Anda juga harus mengenali penyebab depresi untuk bisa menyembuhkannya hingga ke akar permasalahan.