5 Video klip yang terkenal di 2013 berkat YouTube

Katakepo.blogspot.com – Setahun terakhir, banyak musisi dunia yang menelurkan karyanya lewat media yang benar-benar baru. Mereka tak lagi menggunakan radio atau TV, namun sudah benar-benar mengandalkan internet utamanya YouTube.
Tren yang bermula dari Gangnam Style milik PSY ini masih bertahan hingga sekarang. Malah, makin banyak pemusik yang promosikan lagunya di YouTube.
Maka, tak heran jika pada tahun 2013 ini banyak pemusik dunia yang memperoleh ketenarannya lewat bantuan jejaring sosial berbasis video ini. Hal ini dikarenakan efek viral atau tersebar dari mulut ke mulut YouTube yang mampu menjadi sumber promosi gratis namun efektif bagi lagu-lagu mereka.
Lantas, siapa saja musisi dunia yang memperoleh ketenarannya lewat YouTube pada tahun ini? Simak ulasannya di sini.

1. PSY – Gentleman M/V

Meneruskan ketenaran Gangnam Style pada tahun sebelumnya yang mampu meraih 1 miliar pemirsa, PSY melansir satu lagu baru lagi dengan judul Gentleman M/V. Sayangnya, meski berada di posisi puncak, lagu ini hanya memiliki setengah pemirsa dari jumlah yang mampu dimiliki Gangnam Style pada saat yang sama.

2. Miley Cyrus – Wrecking Ball

Lama tak muncul, Miley Cyrus, si putri Disney akhirnya kembali lagi dengan karya fenomenalnya. Bermaksud membuang jauh-jauh image gadis polos, Miley tampil liar dan berani dalam lagu Wrecking Ball.
Yang heboh dari lagu ini tentunya adalah pose bugil Miley. Apalagi, dirinya pun harus ‘bergulat’ dengan bola penghancur pada lagu ini.

3. Miley Cyrus – We Can’t Stop

Lagu satu ini jadi debut Miley dengan tampilan nyelenehnya. Bahkan, banyak yang menganggapnya sudah keterlaluan dengan segala perubahan radikal yang dibawanya pada lagu ini.
Lewat lagu yang sama pula istilah Twerking kemudian diperkenalkan. Ini adalah istilah yang mewakili tarian unik Miley yang banyak mengekspos bagian pantat.

4. Katy Perry – Roar

Katty Perry juga merilis satu lagu baru yang cukup populer pada tahun ini. Dengan judul Roar, lagu ini berkisah tentang perjuangan seseorang yang diibaratkan seperti menghadapi kerasnya hutan belantara.
Video klipnya juga unik karena di-endorse oleh Nokia. Terlihat beberapa kali penggunaan smartphone Nokia.

5. P!nk – Just Give Me A Reason ft. Nate Ruess

Lagu yang dinyanyikan oleh Pink dan Nate Ruess ini bukan lagu romantis sembarangan. Saking dalamnya lirik yang dikandung, lagu ini pun didengarkan oleh banyak orang di seluruh dunia.
Banyak pula artis YouTube yang kemudian mencoba menyanyikan lagu ini dengan versi mereka. Maka, tak heran jika lagu ini juga mendapatkan nominasi Grammy lewat album The Truth About Love.