6 Hal tak terduga yang bisa sebabkan bau mulut

Katakepo.blogspot.com – Mulut berbau tak sedap pasti pernah dialami oleh semua orang. Hal-hal biasa yang yang bisa menyebabkan mulut berbau tak sedap biasanya adalah ketika Anda baru bangun tidur dan belum menggosok gigi. Alasan lainnya bisa jadi dipengaruhi oleh makanan dan lainnya.

Namun selain itu, ada juga beberapa hal tak terduga yang bisa menyebabkan mulut berbau tak sedap. Berikut adalah beberapa hal yang bisa membuat mulut berbau tak sedap, seperti dilansir oleh Huffington Post (10/12).

1. Obat-obatan

Bukan berarti obat Anda yang menyebabkan bau mulut, tetapi terkadang obat-obatan menyebabkan mulut kering. Hasilnya, mulut tak memproduksi cukup air liur untuk menghilangkan bau dalam mulut. Hal ini menyebabkan bau pada mulut semakin meningkat. Alasan ini sama seperti ketika Anda bangun tidur dengan mulut berbau, seperti dilansir oleh Mayo Clinic.

2. Infeksi saluran pernapasan

Penyakit pada saluran pernapasan seperti bronchitis atau pilek bisa menyebabkan mulut berbau tak sedap. Berdasarkan penelitian pada tahun 2006, infeksi saluran pernapasan bisa menyebabkan bau napas tak sedap karena sekresi sinus yang melewati tenggorokan atau mulut. Beberapa penyakit pernapasan yang bisa menyebabkan mulut berbau tak sedap adalah pneumonia, bronchitis, infeksi sinus, dan lainnya.

3. Bernapas lewat mulut

Jika Anda adalah orang yang memiliki kebiasaan bernapas lewat mulut, kemungkinan besar Anda memiliki napas yang lebih bau ketika bangun tidur. Hal ini, sama halnya dengan efek obat-obatan, bisa membuat mulut semakin kering dan berbau.

4. Obesitas

Mengalami obesitas biasanya memiliki napas yang lebih bau. Namun sebuah penelitian tahun 2013 menemukan bahwa hal ini disebabkan oleh organisme yang hidup dalam usus orang yang obesitas. Organisme tersebut mengeluarkan gas yang khas dan bisa menyebabkan mau mulut.

5. Kurang karbohidrat

Jika Anda melakukan diet Atkins yang menghindari karbohidrat, kemungkinan Anda akan lebih sering mengalami ba mulut tak sedap. Hal ini karena tubuh tak menemukan karbohidrat untuk dibakar sehingga mereka akan mengubah lemak dan protein menjadi energi. Hal ini menyebabkan tubuh mengeluarkan zat kimia khusus yang bisa menyebabkan bau. Bau sejenis ini tak bisa dihilangkan hanya dengan menggosok gigi atau membersihkan mulut. Anda harus mencukupi kebutuhan karbohidrat tubuh.

6. Pertanda penyakit

Bau yang keluar dari mulut ketika seseorang mengalami penyakit tertentu berbeda dengan bau mulut biasa. Bau yang sedikit lebih amis menunjukkan adanya masalah pada ginjal. Sementara bau dengan sedikit aroma buah-buahan menunjukkan adanya penyakit diabetes yang tak terkontrol. Penelitian juga mengungkap bahwa jenis kanker tertentu menyebabkan bau mulut yang tak biasa.

Itulah beberapa hal tak terduga yang ternyata bisa menyebabkan bau mulut. Kenali bau mulut Anda dengan baik, jangan asal membersihkan mulut untuk menghilangkannya. Bisa jadi penyebabnya tak berasal dari mulut, namun dari hal-hal di atas.