7 Fakta mengejutkan tentang rasa kesepian

Katakepo.blogspot.com – Banyak orang tak suka merasa kesepian. Sebagian lainnya justru memperlakukan kesepian seperti teman lama yang berkunjung. Kesepian memang hal yang tak asing lagi bagi manusia. Meski begitu, masih banyak fakta yang belum diketahui manusia mengenai kesepian.

Berikut adalah beberapa fakta mengejutkan mengenai rasa kesepian yang belum pernah diungkap. Beberapa di antaranya barangkali tak disangka-sangka.

Orang yang sudah menikah lebih kesepian

Mereka yang masih sendiri, jomblo, atau bahkan sedang menjalani LDR selalu dicap sebagai orang yang kesepian. Namun faktanya justru sebaliknya. Penelitian mengungkap bahwa 60 persen orang yang merasa kesepian secara konstan justru adalah orang yang sudah menikah.

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog menunjukkan bahwa banyak pasangan sudah menikah yang merasa kesepian, bahkan lebih kesepian dibandingkan dengan ketika mereka masih belum menikah. Alasannya? Salah satunya adalah bahwa mereka merasa pasangan tak bisa memberikan hubungan mendalam seperti yang mereka harapkan.

Sepi dalam keramaian

Tak sedikit yang mengaitkan kesepian dengan banyaknya teman yang dimiliki. Orang yang memiliki banyak teman dianggap lebih jarang mengalami kesepian dibandingkan dengan orang yang memiliki lebih sedikit teman. Namun faktanya tak begitu.

Banyak orang yang justru merasa kesepian di situasi yang ramai, ketika mereka berada di lingkaran sosial mereka. Banyak juga yang merasa tak kesepian meski mereka menghabiskan waktu sendirian. Jadi, kaitan antara jumlah teman dan tingkat kesepian tampaknya hanya mitos belaka.

Manula lebih sering merasa kesepian

Orang yang berusia di atas 55 tahun diketahui lebih sering merasa kesepian dibandingkan orang yang lebih muda. Banyak alasan yang menyebabkan hal ini. Beberapa di antaranya adalah kehilangan teman sebaya dan komunikasi yang tak lancar dengan anggota keluarga.

Sementara itu, alasan lainnya adalah karena kurangnya interaksi sosial dan isolasi dari rekan kerja yang disebabkan oleh pensiun. Kesepian pada manula ini juga tak bisa dianggap remeh, karena tingkat kesepian yang tinggi pada manula bisa mempengaruhi risiko kematian mereka.

Menurunkan kecerdasan

Salah satu fakta yang paling mengejutkan tentang kesepian adalah bahwa rasa kesepian bukan sekedar masalah psikologis. Kesepian juga bisa mempengaruhi kemampuan otak Anda bekerja. Sebuah penelitian mengungkap bahwa rasa kesepian bisa menurunkan kecerdasan dan kemampuan berpikir otak. Tak hanya itu, kesepian juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit otak seperti demensia.

Tak hanya itu, kesepian juga diketahui bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan bisa memicu kematian dini. Orang yang merasa kesepian memiliki risiko kematian hingga 15 persen lebih tinggi. Bahkan, rasa kesepian dianggap lebih berbahaya dibandingkan dengan kebiasaan merokok.

Insomnia adalah tanda kesepian

Salah satu gejala kesepian yang bisa diwaspadai adalah ketika Anda merasa susah tidur. American Academy of Sleeping Medicine mengungkap bahwa orang yang kesepian seringkali merasa sulit tidur dan mengalami insomnia.

Hasil ini didapatkan peneliti setelah mengamati 95 partisipan di Dakota Selatan. Peneliti menemukan bahwa orang yang merasa paling kesepian memiliki tingkat gangguan tidur dan insomnia yang lebih tinggi.

Kesepian menyebabkan tubuh dingin

Apa kaitan antara rasa dingin dan kesepian? Nyatanya, dua hal tersebut sangat berkaitan. Sebuah penelitian mengungkap bahwa rasa kesepian bisa membuat tubuh menjadi lebih dingin. ketika merasa kesepian, temperatur tubuh dan kulit akan menurun.

Para ahli berpendapat bahwa hal ini berkaitan dengan memori genetik yang dimiliki oleh nenek moyang manusia. Ketika merasa kesepian dan jauh dari kelompoknya, mereka akan jauh dari kehangatan, baik secara fisik dan psikis.

Kecintaan pada harta menyebabkan kesepian

Berdasarkan beberapa penelitian terbaru, rasa kesepian berkaitan dengan kecintaan seseorang terhadap harta benda mereka. Beberapa contohnya adalah ketika seseorang terlalu cinta pada komputer, motor, rumah, dan harta benda lainnya. Peneliti mengungkap bahwa kecintaan pada harta benda akan membuat orang kurang interaksi sosial dan ini memicu rasa kesepian serta menurunkan tingkat kebahagiaan.

Itulah beberapa fakta mengejutkan tentang rasa kesepian. Jika Anda mengira bahwa rasa kesepian tidak berbahaya, pikirkan lagi!