7 Hal tak terduga yang bikin bau badan tak sedap

Katakepo.blogspot.com – Sudah rajin mandi, pakai deodoran, dan parfum, tapi badan masih sering berbau tak sedap? Anda bisa jadi bukan satu-satunya yang mengalami ini. Ini adalah hal yang bisa terjadi pada siapa saja dan penyebabnya bukan karena kebersihan diri.

Di samping kebersihan diri dan bakteri pada kulit, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan badan berbau tak sedap. Berikut adalah beberapa hal yang bisa memicu bau badan, seperti dilansir All Women’s Stalk.

Obat-obatan

Obat yang diresepkan oleh dokter memang bisa membuat Anda sehat. Namun efek sampingnya tak jarang membuat tubuh berbau tak sedap. Penelitian dari Mayo Clinic menemukan bahwa banyak resep obat seperti Tylenol yang bisa menyebabkan kulit lebih cepat berkeringat dan memicu bau tak sedap.

Selain itu, beberapa jenis obat juga bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri pada tubuh saat tubuh tengah mencerna obat tersebut. Proses ini bisa menyebabkan bau tak sedap. Jika Anda sedang mengonsumsi obat dari dokter, kemungkinan ini bisa jadi salah satu penyebabnya.

Kurang vitamin

Kurang vitamin bukan hanya buruk untuk kesehatan, tetapi juga bisa menjauhkan Anda dari pergaulan. Penelitian oleh Dr Pierre Delbert pada tahun 1928 mengungkap bahwa orang yang kurang magnesium bisanya memiliki bau badan yang tak sedap.

Magnesium adalah salah satu mineral yang bisa membunuh bau dari tubuh. Karena itu, kurang magnesium bisa menyebabkan tubuh berbau tak sedap. Jika ingin menambah asupan magnesium Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan seperti kacang mede, almond, wijen, dan cokelat hitam.

Terlalu banyak alkohol dan kafein

Ya, kegemaran Anda pada minuman beralkohol dan berkafein juga bisa menyebabkan bau tak sedap. Sebuah penelitian dari Columbia University mengungkap bahwa mengonsumsi terlalu banyak kafein dan alkohol bisa menyebabkan meningkatnya bau tak sedap pada tubuh dan bau mulut.

Ini karena kafein terlalu asam dan bisa meningkatkan proses prespirasi tubuh. Alkohol juga bisa menyebabkan hal yang sama dengan melebarkan pembuluh darah pada kulit. Karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi alkohol dan kafein.

Kurang karbohidrat

Mengurangi karbohidrat adalah salah satu cara untuk berdiet. Meski begitu, cara ini juga bisa memicu bau badan. Bagaimana bisa? Penelitian mengungkap bahwa kekurangan karbohidrat bisa menyebabkan bau badan yang kuat. Ini karena karbohidrat bisa meningkatkan ketone yang dilepaskan oleh aliran darah.

Kekurangan ketone pada aliran darah bisa menyebabkan bau mulut tak sedap dan bau lainnya, seperti bau urine dan bau badan. Meski mengurangi karbohidrat sebaiknya jangan terlalu ekstrem hingga menyebabkan bau badan tak sedap.

Konsumsi daging berlebihan

Makan banyak daging juga bisa memicu munculnya bau badan yang kuat dan tak sedap. Ini berkaitan dengan proses pencernaan daging dalam tubuh. Daging membutuhkan lebih banyak waktu untuk dicerna. Ketika dicerna dalam waktu yang lama, tubuh akan memproduksi lebih banyak asam amino yang sebelumnya ada dalam daging.

Hal ini akan menyebabkan adanya residu yang tak menyenangkan pada usus. Residu tersebut bercampur dengan bakteri dan menyebabkan bau yang tak sedap. Kurangi konsumsi daging untuk mencegah bau tak sedap dalam tubuh semakin menguat.

Sayuran

Makan sayuran memang menyehatkan. Namun beberapa jenis sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol juga bisa memicu bau badan. Ini karena sayuran tersebut mengandung zat sulfur yang sangat tinggi.

Ketika sulfur diserap oleh tubuh saat dicerna, sulfur akan masuk ke kelenjar keringat dan menyebabkan bau yang tak sedap. Jika Anda sering mengonsumsi sayuran tersebut, bisa jadi itulah penyebab bau badan tak sedap pada Anda.

Terlalu banyak gula

Gula tak hanya bisa memicu obesitas dan diabetes tipe-2 tetapi juga bisa menyebabkan bau badan tak sedap. Sebuah penelitian di American Academy of Dermatology mengungkap bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula dan gula buatan bisa mempengaruhi bau tubuh. Mengonsumsi terlalu banyak gula bisa menyebabkan bau badan tak sedap karena gula bisa memicu pertumbuhan jamur pada tubuh.

Itulah beberapa hal tak terduga yang bisa memicu bau badan. Sebelumnya Anda mungkin tak mengira bahwa hal-hal itu bisa berkaitan dengan bau tubuh. Namun kini Anda sudah mengetahuinya. Jika Anda memiliki beberapa hal di atas, bisa jadi salah satunya adalah penyebab bau badan tak sedap pada diri Anda.