7 Kebiasaan yang dimiliki wanita sukses

Katakepo.blogspot.com – Tak hanya pria, wanita juga bisa sampai ke puncak kesuksesan. Pada bulan Agustus 2012 lalu, Forbes menunjukkan daftar 100 wanita paling berpengaruh di dunia yang menunjukkan siapa saja wanita yang berhasil meraih kesuksesan.

Beberapa di antaranya adalah Hillary Clinton, Sheryl Sandberg, Ratu Elizabeth, dan lainnya. Kalian juga bisa meraih kesuksesan seperti mereka, Ladies. Tak harus dengan melakukan hal yang muluk-muluk, melainkan dimulai dengan kebiasaan-kebiasaan kecil yang bisa membawa menuju kesuksesan. Para wanita sukses ternyata memiliki banyak kesamaan dalam hal kebiasaan mereka.

Seperti pernah diungkap oleh Aristoteles bahwa “Kita adalah apa yang berulang kali kita lakukan. Karena itu, kesempurnaan bukanlah tindakan, melainkan kebiasaan.” Siap mengetahui kebiasaan apa saja yang dimiliki wanita sukses? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Hidup yang teratur

Salah satu kebiasaan adalah memiliki hidup yang teratur dalam berbagai aspek. Hidup teratur membantu seseorang beraktivitas lebih efisien. Beberapa contohnya adalah mengetahui prioritas tugas dengan mendahulukan tugas yang paling penting dan yang harus diselesaikan degan cepat. Memiliki rencana kerja dan menulis jurnal. Memiliki hidup yang teratur akan membantu kalian menjadi bekerja secara efektif dan efisien. Kalian tak akan kehilangan kesempatan penting atau kehilangan informasi karena sudah mengaturnya dengan baik.

2. Menjaga emosi

Ya, wanita seringkali dianggap sebagai makhluk yang lebih mengutamakan perasaan dan mudah dipengaruhi emosi. Meski hal tersebut tak sepenuhnya buruk, namun tentunya ada waktu-waktu yang tepat untuk menunjukkan emosi. Tempat kerja bukanlah tempat yang tepat untuk menunjukkan emosi yang berlebihan. Atasan yang efektif, baik pria maupun wanita, adalah mereka yang merasa tenang meski dalam tekanan dan memiliki sisi yang konsisten. Untuk bisa sukses kalian harus bisa menjaga emosi, tak peduli seberapa kuat emosi tersebut. Ya, beberapa hal dalam pekerjaan tentunya bisa membuat frustasi, namun jangan biarkan emosi menguasai dan menjatuhkan kalian.

3. Percaya diri

Memang tak semua orang bisa merasa percaya diri setiap saat. Namun jika kalian mulai merasa ragu, cobalah bersikap seolah kalian percaya diri. Kebanyakan wanita sukses benar-benar percaya diri dengan kemampuan mereka. Namun ada kalanya juga mereka meragukan kemampuan mereka sendiri. Saat itulah mereka mulai bertindak. Mereka akan berjalan dengan percaya diri, berbicara dengan efektif dan tidak berbasa-basi, serta meyakinkan diri mereka sendiri bahwa mereka bisa. Jika tak tahu tentang suatu hal, akui saja. Kalian bisa merasa percaya diri tanpa harus mengetahui semua jawaban.

4. Membantu orang lain

Jika kalian melihat wanita-wanita paling berpengaruh di dunia, kalian akan mengetahui bahwa kebanyakan mereka melakukan usaha tak hanya untuk kebaikan mereka sendiri, namun juga untuk membantu orang lain. Dilma Rousseff, presiden Brazil yang duduk di peringkat nomor tiga contohnya. Dia membuat program untuk membantu masyarakat miskin dan memberikan mereka akses pelayanan kesehatan serta pendidikan yang lebih baik. Yang harus dicamkan adalah kalian bisa sampai di puncak tanpa menjatuhkan orang lain. Ada cara untuk sampai di puncak bersama-sama dengan yang lain.

5. Mengurus diri sendiri

Kalian tak bisa mengurus orang lain dan hal-hal penting di sekitar kalian jika pertama-tama kalian tak bisa mengurus diri sendiri baik secara fisik maupun mental. Untuk bisa mempengaruhi dan disukai orang lain, pertama kalian tentu harus menyukai diri kalian sendiri. Kalian harus menjaga kesehatan, makan-makanan sehat, berolahraga, serta menjaga kesehatan pikiran. Atasi stres dan kecemasan akan tekanan.

6. Fokus pada kekuatan

Seringkali wanita berfokus pada kelemahan mereka. Tak jarang mereka justru membesar-besarkan ketika mereka melakukan hal yang salah dan mengingat hal yang membuat mereka tak sempurna. Jika kalian fokus pada kekurangan kalian, maka orang lain juga akan melihat kalian penuh kekurangan. Sebaliknya jika kalian selalu berfokus pada kelebihan kalian, maka orang lain pu akan melihatnya. Semua orang punya kelebihan masing-masing. Tingkatkan diri dengan kelebihan tersebut.

7. Buat batasan

Ketika memiliki banyak pekerjaan dan kesuksesan sudah dekat, terkadang banyak orang mulai kewalahan dengan pekerjaan mereka dan tanpa sadar mengambil terlalu banyak tanggung jawab dari yang bisa mereka kerjakan. Untuk itu, jangan lupa membuat batasan. Jangan sampai performa kalian menurun karena pekerjaan yang terlalu banyak. Jangan takut mengatakan ‘tidak’ jika kalian memang tak memiliki kemampuan atau waktu untuk melakukannya. Jangan lupa menyeimbangkan antara karir, kesuksesan, dan kehidupan pribadi kalian.

Itulah beberapa kebiasaan yang dimiliki oleh wanita sukses. Menjadi wanita sukses adalah sebuah kebanggaan, tetapi juga berarti banyaknya tanggung jawab. Mulai lakukan kebiasaan di atas dan berjalanlah menuju kesuksesan.