7 Tips menjaga kesehatan fisik dan mental saat menstruasi

Katakepo.blogspot.com – Perubahan hormon yang terjadi ketika siklus menstruasi tiba sering dijadikan alasan bagi wanita untuk bersikap sensitif. Padahal ada cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental sehingga bisa merasa nyaman saat menstruasi. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.
Menggunakan pakaian longgarTinggalkan pakaian ketat untuk sementara saat menstruasi tiba. Sebaiknya kenakan pakaian longgar agar tubuh bisa bergerak lebih bebas dan nyaman.
Tidur siangMeski tidak terbiasa tidur siang, sebaiknya istirahatkan tubuh ketika merasa lelah selama siklus menstruasi tiba. Sebab kekurangan banyak zat besi dalam darah ketika datang bulan memang membuat tubuh cenderung letih dan lemas.
Mandi air hangatMandi air hangat bukan cuma membuat tubuh semakin bersih, tetapi juga mengusir penat yang dirasakan. Pikiran pun menjadi lebih tenang dan emosi terkendali meski sedang menstruasi.
Kurangi konsumsi garamPerut biasanya mengalami kembung ketika menstruasi tiba karena kekurangan cairan. Jadi kurangi konsumsi garam agar kembung tidak menjadi semakin parah.
OlahragaNyeri haid bukan halangan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental saat menstruasi. Justru olahraga bisa meringankan rasa sakit tersebut dan membuat tubuh terasa lebih nyaman.
YogaJika tidak suka keluar rumah, ada gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan ketika menstruasi tiba.
Hindari daging merahDaging merah disebut sebagai makanan yang memicu nyeri haid dan pendarahan berlebih. Jadi sebaiknya hindari konsumsi makanan ini ketika menstruasi.
Itulah tips menjaga kesehatan fisik dan mental saat menstruasi. Semoga bermanfaat.