8 Faktor yang Tingkatkan Risiko Tertular Meningitis

Katakepo.blogspot.com – Penyakit meningitis yang diduga menjadi penyebab meninggalnya komedian Olga Syahputra dapat menyerang siapa saja. Apalagi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang meningitis.

Merujuk pada situs kesehatan Webmd.com, berikut ini delapan faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang meningitis:

1. Genetika. Beberapa orang mungkin mewarisi kecenderungan untuk mendapatkan meningitis. Jika mereka berhubungan dengan organisme yang dapat menyebabkan infeksi, mereka akan mudah terinfeksi.

2. Laki-laki. Pria mendapatkan meningitis lebih sering daripada wanita.

3. Kondisi hidup yang penuh sesak. Orang-orang di kamp-kamp, tempat penitipan anak, sekolah, dan asrama perguruan tinggi lebih mungkin untuk mendapatkan meningitis.

4. Terkespos serangga atau hewan pengerat. Orang-orang yang tinggal atau mengunjungi daerah di dunia di mana serangga atau tikus membawa kuman akan mudah terserang penyakit ini.

5. Tidak mendapatkan imunisasi. Orang-orang yang tidak mendapatkan suntikan untuk gondok, penyakit Hib, atau infeksi pneumokokus sebelum usia 2 tahun lebih mungkin untuk mendapatkan meningitis.

6. Orang yang berusia lanjut dan belum juga mendapatkan vaksin pneumokokus lebih mungkin terserang meningitis.

7. Tidak memiliki limpa, yang merupakan bagian sistem kekebalan tubuh, yang bekerja dengan baik membuat seseorang rentan terhadap meningitis.

8. Perjalanan ke daerah di mana meningitis umum terjadi. Misalnya, orang yang bepergian ke “sabuk meningitis ” di sub-Sahara Afrika harus mendapatkan suntikan meningokokus.