8 Hal Unik yang pernah Terjadi di Lintasan MotoGP

MotoGP sebagai ajang balap motor tertinggi di dunia memang sukses menjadi magnet bagi para pembalap berbakat untuk terjun dan masuk tiga kelas yang ada di kejuaraan tersebut. Tak pelak, ajang balap MotoGP kini sukses dihuni pembalap berbakat di tiap kelasnya seperti Jack Miller di kelas Moto3, Esteve Rabat di kelas Moto2, dan Marc Marquez di kelas MotoGP. Namun, meski dipenuhi pembalap berbakat, tetap saja ada kejadian unik akibat kelakuan pembalap di atas lintasan yang terkadang terjadi karena faktor kesalahan pembalap itu sendiri. Berikut 8 Hal Unik yang pernah Terjadi di Lintasan MotoGP seperti merdeka and lihat.co.id:

1. Aksi finis heroik Julian Simon
Aksi finis heroik Julian Simon
[lihat.co.id] – Salah satu aksi unik yang jarang terjadi di ajang MotoGP adalah drama lap akhir pada GP seri Prancis 2012. Saat itu Julian Simon terjatuh di tikungan terakhir sirkuit Le Mans. Naasnya, meski sanggup berdiri dan menunggangi motornya lagi, namun mesin Simon tak mau menyala. Akhirnya Simon pun berlari dengan menuntun motornya hingga garis finis. Aksi Julian Simon ini mendapatkan simpati dari penonton dan dirinya pun masih mendapatkan poin dengan finis di urutan ke-13.
2. Jump start Lorenzo
 Jump start Lorenzo
[lihat.co.id] – Aksi unik kedua ini terjadi ketika juara dunia 2 kali MotoGP, Jorge Lorenzo melakukan aksi jump start di GP Austin, Texas. Padahal Lorenzo sendiri terkenal dengan pembalap yang miliki skill bagus saat start, namun di GP Austin 2014 ini, Lorenzo bahkan sudah memacu motornya saat lampu start baru menyala (bukan saat padam tanda balap dimulai). Lorenzo sendiri beralasan jika jump start dilakukannya tersebut terjadi karena konsentrasinya saat start buyar ketika dirinya melepas lapisan visor kaca helm-nya.
3. Marquez salah pit
Marquez salah pit
[lihat.co.id] – Pembalap dengan bakat dan talenta super hebat Marc Marquez juga pernah melakukan kesalahan mendasar ketika dirinya salah membaca keterangan masuk pit dari kru HRC yang menyebabkan Marquez telat masuk pit untuk keperluan mengganti ban. Akibat kesalahan mendasar itu lah, akhirnya Marquez harus didiskualifikasi dari balap dan kehilangan 25 poin yang sangat penting dalam perburuan gelar pertamanya tersebut. Namun, pihak HRC menyebutkan jika terlambatnya Marquez masuk pit bukan kesalahan juara dunia 2013 tersebut, namun karena kesalahpahaman antara tim, Marquez, dan pihak Dorna selaku penyelenggara balap.
4. Selfie di atas podium
Selfie di atas podium
[lihat.co.id] – Aksi unik di lintasan MotoGP juga terjadi ketika Marquez, Pedrosa, dan Dovizioso melakukan aksi selfie ketika ketiganya berhasil naik podium di GP Amerika tepatnya di sirkuit Austin, Texas. Nampaknya demam selfie sendiri memang sudah melanda hampir di seluruh dunia, termasuk ke kalangan pembalap MotoGP.
5. Selebrasi prematur Julian Simon
Selebrasi prematur Julian Simon
[lihat.co.id] – Aksi unik dan boleh dibilang konyol kembali datang dari pembalap Julian Simon. Di samping aksi heroik yang pernah dia lakukan, ternyata pembalap satu ini juga pernah melakukan aksi konyol hingga menghilangkan podium pertama yang hampir diraihnya. Saat balap 125cc GP Catalunya 2009, Julian mengangkat tangan dan melakukan selebrasi kemenangan di lap terakhir, menyadari balapan belum selesai dan menyisakan satu lap, dia pun kembali menggeber tunggangannya. Akhirnya akibat selebrasi prematurnya ini dirinya harus rela kehilangan posisi pertama yang diambil Andrea Iannone.
6. Selebrasi gagal Bautista
Selebrasi gagal Bautista
[lihat.co.id] – Alvaro Bautista dulu juga pernah melakukan aksi konyol kala masih berjibaku di kelas 250 cc. Berniat melakukan selebrasi atas podium tiga yang diperolehnya di sirkuit Brno Ceko di tahun 2009, dirinya yang melakukan aksi wheelie malah kebablasan dan harus tersungkur ke belakang. Tentu momen ini menjadi salah satu kejadian yang bakal sulit dilupakan Bautista.
7. Aksi toleh Johann Zarco
Aksi toleh Johann Zarco
[lihat.co.id] – Satu lagi kemenangan yang terjadi dengan cara unik dan tak biasa yang diraih Terol saat GP 250cc di sirkuit Misano 2011. Kala itu Terol berhasil mendapatkan podium pertama di lintasan lurus jelang garis finis. Aksi salip ini tak terlepas dari kesalahan Johann Zarco yang kala itu menempati posisi pertama. Kelengahan Zarco yang menoleh ke belakang terlalu lama yang tanpa sadar mengurangi laju motornya berhasil dimanfaatkan Terol untuk mengambil podium pertama di saat akhir balap.
8. Start amburadul di GP Misano
Start amburadul di GP Misano
[lihat.co.id] – Kejadian yang jarang terjadi di MotoGP juga pernah dialami hampir seluruh pembalap MotoGP di sirkuit Misano, San Marino 2012. Saat itu start berjalan kacau dan amburadul. Penyebabnya adalah ketika semua pembalap bersiap melesat di garis start dan ketika beberapa detik ladi lampu start akan padam, 
ternyata Karel Abraham langsung mengangkat tangan karena mesin motornya mati. Mengetahui hal tersebut, race director langsung menyalakan lampu kuning, namun seluruh pembalap yang sudah siap melesat tampak kaget dan berhenti seketika di depan garis start meski sudah sempat membetot motor mereka.