8 Jenis Makanan yang Wajib Dihindari saat Terkena Diare

BLoG kiTa – Makanan adalah salah satu pemicu terjadinya diare. Terutama bagi mereka yang mengalami penyakit inflamasi usus.
Minuman seperti kafein dan susu (kadang-kadang) juga dapat menyebabkan diare. Begitu juga dengan makanan yang terkontaminasi bakteri, virus dan racun. Jika Anda sering menderita diare, hindari makanan ini, seperti dilansir Boldsky dan Merdeka:
1. Buah ber-citrus (Jeruk)
BLoG kiTa – Buah ber-citrus memiliki sifat asam. Buah jenis ini dapat menyebabkan stres pada saluran pencernaan dan diare. Jadi, sebaiknya hindari makanan segala jenis jeruk saat diare.
2. Kubis
BLoG kiTa – Kubis mengandung serat larut dan sulfur yang mengarah pada pembentukan gas dan lambat dicerna. Sayuran ini juga dapat menyebabkan diare.
3. Bawang putih
BLoG kiTa – Bawang putih mengandung serat tidak larut yang membentuk gas dalam sistem pencernaan. Makanan ini bisa membuat perut terasa semakin kembung.
4. Kacang-kacangan
BLoG kiTa – Kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang paling sering menyebabkan diare. Makanan jenis ini sulit dicerna. Kacang-kacangan juga dapat menyebabkan perut kembung dan diare.
5. Makanan pedas
BLoG kiTa – Makanan pedas dan berminyak tidak bisa dicerna dengan mudah. Makanan ini dapat menyebabkan masalah lambung dan mempengaruhi pergerakan usus.
6. Susu
BLoG kiTa – Susu menyebabkan diare, terutama bagi orang yang menderita intoleransi laktosa. Jika Anda tidak toleran terhadap laktosa, hindari susu dan produk susu lainnya.
7. Kafein
BLoG kiTa – Kafein dapat mengganggu sistem pencernaan, menyebabkan kontraksi, dan sering buang air besar. Oleh karenanya, batasi asupan kafein setiap hari.
8. Jus buah
BLoG kiTa – Jus buah mengandung banyak fruktosa yang menyebabkan masalah kesehatan, seperti perut kembung, gas dan diare. Hindari makanan dan jus yang mengandung fruktosa.
Jika Anda sering menderita diare, hindari makanan ini. Makanan dan minuman ini dapat menyebabkan masalah lambung yang membuat tubuh terasa tidak nyaman.