8 Kebiasaan remeh yang buruk untuk kesehatan!

Katakepo.blogspot.com – Setiap orang tentunya punya kebiasaan. Namun banyak yang tak sadar bahwa kebiasaan mereka bisa berimbas buruk untuk kesehatan. Ada kebiasaan yang memang sudah jelas buruk, seperti merokok atau minum alkohol.

Tetapi tak sedikit juga kebiasaan yang terlihat remeh namun bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang buruk untuk kesehatan, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Ngemil meski kenyang

Salah satu kebiasaan yang tak disadari buruk untuk kesehatan adalah ngemil ketika masih kenyang. Kebiasaan ini bisa menyebabkan Anda cepat gemuk dan mengganggu pola makan. Karena ketika terus makan meski kenyang, otak akan berhenti mengirimkan sinyal lapar dan membuat Anda terus menambah kalori. Tanpa sadar Anda akan semakin gemuk.

2. Makan cepat

Ini biasanya dilakukan orang saat makan siang. Namun tak sedikit orang yang memang memiliki kebiasaan makan cepat. Mengunyah dengan terlalu cepat meningkatkan asam pada mulut dan perut. Hasilnya, Anda bisa mengalami mual, kembung, dan cepat bertambah berat badan.

3. Kurang tidur

Ini adalah kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Tidur tak hanya penting untuk kebugaran tubuh, tetapi juga kesehatan otak. Ketika tidur, otak meningkatkan kemampuan belajar dan mengingat. Selain itu, kurang tidur akan membuat Anda bangun dengan rasa lelah, dan rasa sakit pada tubuh.

4. Ngupil sembarangan

Ngupil sembarangan adalah salah satu kebiasaan buruk yang tak hanya mempengaruhi kesehatan, tetapi juga tidak sopan. Kebiasaan ini membuat Anda mudah terkena virus, atau justru menyebarkan virus pada orang lain. Lubang hidung memang perlu dibersihkan. Namun pastikan untuk membersihkannya di kamar mandi dan cuci tangan setelahnya.

5. Memakai hak tinggi

Ini kebiasaan para wanita. Meski hak tinggi bisa membuat Anda lebih anggun dan cantik, namun perhatikan kuantitas pemakaiannya. Menggunakan hak tinggi terlalu sering dan dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan rasa sakit pada kaki, punggung, dan pergelangan kaki.

6. Membawa tas berat

Membawa tas besar dan berat terkadang bukan hanya kebiasaan, namun juga keharusan. Jika Anda memiliki kebiasaan ini sebaiknya mulai kurangi isi tas Anda. Membawa terlalu banyak barang dalam tas punggung bisa menyebabkan sakit punggung. Selain itu, tas yang berat juga bisa mempengaruhi postur tubuh Anda dalam jangka waktu yang lama.

7. Menggigiti kuku

Tak sedikit orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku saat cemas. Namun ini adalah kebiasaan yang buruk untuk kesehatan. Kuku bisa menjadi tempat bersarang banyak kuman dan bakteri. Selain itu, tangan yang sering menyentuh benda-benda juga berkemungkinan mengandung kuman atau virus. Menggigiti kuku bisa membuat Anda tertular penyakit atau malah terkena penyakit dari bakteri atau kuman di dalamnya.

8. Melewatkan makan

Sering melewatkan makan akan mempengaruhi kesehatan pencernaan dalam waktu yang lama. Terutama jika Anda sering lupa sarapan. Sering melewatkan makan bisa membuat Anda mengalami penyakit pencernaan seperti maag jika dibiasakan.

Itulah beberapa kebiasaan yang terlihat remeh dan banyak dilakukan orang sehari-hari. Padahal kebiasaan tersebut buruk untuk kesehatan pelakunya. Jika Anda memiliki kebiasaan di atas, kurangi mulai hari ini!