Air atau susuk demi kelancaran bisnis

Katakepo.blogspot.com – Meski tidak tampak secara terbuka, penggunaan jasa spiritual di tengah makin ketatnya persaingan bisnis sudah jadi rahasia umum di kalangan pengusaha. Tidak hanya kekuatan gaib untuk memajukan bisnis, tapi ada juga pengusaha yang menggunakan cara instan untuk menjatuhkan kompetitornya.

Perang bisnis bukan soal adu kekuatan produk atau jasa, tapi juga perang kekuatan ilmu gaib antar kompetitor bisnis. Sasarannya biasanya langsung lokasi bisnis. Semisal ilmu gaib untuk membuat toko sepi pembeli.

Ahli Spiritual, Mbah Mijan mengatakan beragam permintaan datang dari pengusaha yang jadi pasien ‘konsultasi bisnis’ di tempatnya praktik di salah satu sudut Jakarta Selatan. Pengusaha yang datang juga beragam dari sisi kelas bisnis. Otomatis, sarana prasarana atau media spiritual yang digunakan pun berbeda-beda.

“Berbeda-beda klien yang ingin menggunakan media seperti apa, kalau kelas bawah biasanya medianya air, sementara kalau kelas atas biasanya susuk dan ruwatan,” ujarnya saat berbincang dengan merdeka.com, Jakarta, Rabu (1/4).

Bicara soal aroma gaib sebagai jalan menjatuhkan lawan bisnis, ahli rukiyah Ustaz Hasan Bisyri punya cerita. Pelaku usaha sering mengeluhkan bisnisnya lantaran lokasi tempat usaha yang banyak kejanggalan. Dia hanya bisa menyarankan untuk memperkuat dari sisi doa.

“Jadi pada dasarnya rukiyah itu adalah doa walaupun ada praktik khusus lebih dari doa. Tapi itu manusiawi dilakukan umat Islam,” jelas dia.

Jika ada pengusaha mengalami perubahan drastis dalam bisnisnya, dia tidak menutup mata adanya kemungkinan keisengan dari lawan bisnis. Gangguan mistis pun beragam mulai dari fisik sampai gangguan psikis. Contoh gangguan fisik, sering sakit-sakitan pada karyawan sehingga berakibat pada gangguan secara psikis.

“Ada juga semacam muncul indikasi gangguan macam pasir yang ditaburi di depan lokasi usaha, gumpulan tanah, ada juga yang secara tiba-tiba bisnis makanan tapi makanannya basi,” ungkapnya.

Namun, ustaz tidak menyarankan untuk menggunakan cara-cara berbau mistis. Rukiyah di lokasi usaha merupakan cara tepat mengusir segala gangguan.

“Rukiyah dapat dilakukan memang jika ada masalah, tapi jika tidak ada masalah tidak masalah untuk bisa dilakukan agar bisnisnya penuh berkah,” kata dia.