AirAsia Dukung Langkah Pemerintah RI Bebaskan Visa bagi 30 Negara

Katakepo.blogspot.com – JAKARTA, AirAsia mendukung kebijakan pemerintah Indonesia menghapus yang visa bagi wisatawan dari 30 negara sebagai salah satu upaya memajukan pariwisata di Tanah Air.

“Kami menyambut baik kebijakan pemerintah Indonesia untuk menambah negara-negara yang termasuk ke dalam daftar pembebasan visa seperti Cina, Jepang dan Korea Selatan. Konektivitas yang dimiliki AirAsia dari dan ke Cina ditambah dengan kebijakan baru ini, tentunya akan sangat bermanfaat bagi Indonesia,” ujar CEO Grup AirAsia Tony Fernandes dalam keterangan persnya, Jumat (20/3/2015).

Menurut Tony, mendorong ekonomi dari pertumbuhan sektor pariwisata adalah sebuah langkah yang tepat bagi Indonesia. Kebijakan tersebut juga akan memuluskan upaya pemerintah Indonesia untuk mencapai target kunjungan 11 juta wisatawan mancanegara pada 2015.

“AirAsia berkomitmen untuk selalu ikut dalam upaya memajukan pariwisata Indonesia diantaranya dengan secara berkelanjutan menghadirkan penerbangan sehemat mungkin dengan konektivitas terbaik sehingga membuat siapapun dapat merasakan pengalaman berkunjung ke Indonesia,” jelasnya.

Sejauh ini, AirAsia tercatat sebagai satu-satunya maskapai yang melayani rute berikut internasional yakni Kuala Lumpur–Lombok, Kuala Lumpur – Solo, Kuala Lumpur – Makassar, Kuala Lumpur – Padang, Kuala Lumpur – Semarang, Kuala Lumpur – Pontianak, Kuala Lumpur – Pekanbaru, Kota Kinabalu – Jakarta, Kota Kinabalu – Denpasar, Phuket – Jakarta, Penang – Jakarta, Bangkok – Medan, Johor Bahru – Surabaya, Penang – Surabaya dan Solo – Singapura.

Sampai saat ini, Grup AirAsia telah melayani sebanyak 517 penerbangan dari dan menuju 16 destinasi di Indonesia. Adapun sejak 2014, AirASia telah mengangkut sebanyak 41,8 juta penumpang dari dan menuju Indonesia, dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 35 persen per tahun.

Pada Oktober tahun lalu, Grup AirAsia juga meluncurkan Indonesia AirAsia X yang bertujuan untuk mengenalkan Indonesia kepada lebih banyak wisatawan mancanegara. Indonesia AirAsia X merupakan maskapai penerbangan jarak jauh berbiaya hemat satu-satunya di Indonesia yang saat ini melayani 2 rute penerbangan langsung dari Bali ke Taipei dan Melbourne.

“Dengan kebijakan visa terbaru ini, Indonesia AirAsia X tentunya akan mempercepat ekspansi ke beragam destinasi menarik. Kami saat ini sedang melalukan penjajakan dalam melayani penerbangan langsung ke sejumlah destinasi di Cina, Jepang dan Korea Selatan,” ujar Dendy Kurniawan, Presiden Direktur Indonesia AirAsia X.

Sementara itu Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko mengatakan, sejak 2010, AirAsia Indonesia telah menguasai penerbangan rute internasional di Indonesia dengan pangsa pasar lebih dari 40 persen.

“Jumlah penumpang internasional kami pun telah tumbuh dari 1,9 juta selama tahun 2010 menjadi 4,3 juta di tahun 2014. Hal ini mengukuhkan komitmen kami dalam meningkatkan pariwisata Indonesia dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi,” terangnya.