Airbus Transfer Teknologi Pesawat ke Indonesia

Indonesia bisa dibilang tengah berusaha mengembangkan industri aeronautika. PT Dirgantara Indonesia (PT DI) menjadi satu-satunya tulang punggung kebangkitan Indonesia di industri penerbangan Tanah Air.

Posisi penting yang ada di PT DI dimanfaatkan dengan baik oleh perusahaan penerbangan asal Eropa, Airbus Helicopters. Kedua perusahaan lintas negara itu telah sepakat menjalin kerjasama strategis terkait pemasaran dan perakitan pesawat maupun helikopter.

“Kita sudah bekerjasama dengan PT DI sebagai mitra strategis di Indonesia. Ini kerjasama yang unik dan belum pernah dilakukan vendor lainnya di Indonesia karena kerjasama ini kita lengkapi dengan pekerjaan perakitan, maintenance, dan service ke PT DI,” ungkap Ludovic Boistor, President Director Airbus Helicopter Indonesia di tengah acara Indo Defence 2014 yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Lebih lanjut, Ludovic menyebutkan bahwa transfer teknologi juga diberikan kepada tenaga kerja PT DI agar mendorong kemajuan yang ada di perusahaan pelat merah Indonesia tersebut.

“Kita berikan edukasi dan transfer teknologi milik Airbus kepada PT DI. Mereka nantinya akan membantu pemasaran, maintenance, dan service produk Eurofighter maupun helikopter ke pasar Indonesia,” ungkap Ludovic.

Pria asal Perancis itu juga mengklaim kemitraan dengan PT DI berlangsung untuk waktu yang lama. Saat ini, kolaborasi PT DI-Airbus sukses membuat mereka menguasai industri helikopter di Tanah Air.

Sumber : Liputan6