Ajarkan 5 Life Skill untuk si Buah Hati

Sebagai ayah atau ibu dari anak-anak kita, sudah menjadi  keharusan untuk mengajarkan tentang pentingnya life skill (nilai kehidupan) ketika anak sedang dalam masa perkembangan. Ajaran tentang nilai kehidupan ini memiliki porsi yang sedikit dalam proses belajar di sekolah-sekolah yang ada saat ini.

Pada proses pertumbuhan buah hati merupakan waktu yang sempurna untuk kita -sebagai orang tua- untuk mengajarkan hal-hal terkait life skill. Harapannya, buah hati kita dididik dengan pola pikir dan sikap yang lebih baik dalam menghadapi kehidupannya kelak. Berbicara sambil mengajar bisa dilakukan dengan santai; sembari meminum teh di ruang keluarga misalnya.

mengajarkan nilai kehidupan pada anak

Seperti apa life skill atau nilai kehidupan yang wajib kita beritahukan pada buah hati tercinta?

1. Sopan dan Santun
Sejak masih kecil, anak wajib diberikan contoh dan pendidikan tentang sikap sopan dan santun. Berikan contoh agar anak tidak ragu dalam berkata “Terimakasih”, “Silakan”, atau “Tolong”. Biasakan anak untuk mengucapkan kata tersebut. Sebagai orang tua, jika Anak disuruh mengambilkan sesuatu, ucapkanlah terimakasih kepada anak setelah diambilkan. Hal ini akan menjadi contoh yang sempurna.

2. Bersyukur
Bersyukur pada segala kondisi dan hal apapun juga merupakan sebuah keharusan. Tidak hanya saat dibelikan jajan atau mainan, saat lampu padam, kemudian nyala juga bisa diajarkan untuk bersyukur karena sudah tidak gelap lagi. Jabarkan pada anak bahwa bersyukur tidak selalu harus benda, tubuh yang sehat juga merupakan hal yang wajib disyukuri.

3. Sikap Jujur
Jangan pernah menerapkan prinsip “berbohong untuk hal yang baik”. Semua bohong pada hakekatnya adalah keliru. Anak kita harus mengerti arti sebuah sikap jujur; jujur di mana pun ia berada.

4. Minta Maaf
Ajarkan jika memang salah, harus mengakui dan meminta maaf terlebih dahulu serta berjanji tidak akan mengulanginya.

5. Bersikap dan Berbuat Baik terhadap Orang Lain
Ajarkan pada anak bahwa berbuat baik kepada kawan, saudara, guru, keluarga dan orang lain (pengasuh anak atau supir dll) tidaklah ada kerugian di dalamnya. Sikap ini akan menumbuhkan rasa toleransi yang tinggi bagi anak.

Life skill merupakan bekal perjalanan mereka di masa mendatang. Nilai kehidupan yang ditanamkan sejak dini akan membentuk perilaku dan karekter positif dan kuat. Sehingga, di masa mendatang anak akan menjadi yang selalu Anda banggakan dan percayai. Anak juga akan memiliki percaya diri yang baik karena orang tua mereka memberikan kepercayaan dan harapan yang baik pula.

Ajarkan 5 Life Skill untuk si Buah Hati | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply