Alasan Dahlan bangun tol di atas laut Jakarta-Surabaya

Katakepo.blogspot.com – Menteri BUMN, Dahlan Iskan , punya ambisi membangun jalan tol atas laut dari Jakarta menuju Surabaya. Tol ini rencananya akan dikerjakan keroyokan oleh 19 BUMN dan akan melalui pantai utara Jawa atau Pantura.
Pembangunan tol ini banyak mendapat kritikan. Salah satunya lantaran pembangunan infrastruktur masih terpusat di pulau Jawa. Namun Dahlan punya alasan sendiri.
Menurutnya, tol adalah salah satu alat penunjang pembangunan daerah. Jika tol tersebut dibangun di laut Sumatera, diyakini tidak akan memberikan dampak baik untuk daerah di Sumatera.
“Jalan itu dibangun fungsinya pengembangan wilayah, karena wilayah terpencil dilalui jalan itu bisa berkembang. Ini dibangun tol atas laut Jawa karena daerahnya sudah berkembang semua,” kata Dahlan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (21/10) malam.
Dahlan menuturkan, wilayah Sumatera juga sedang dibangun jalan tol. Namun pembangunan ini terkendala pembebasan lahan. Sedangkan pembangunan tol atas laut Pantura tidak harus ada pembebasan lahan.
“Sumatera tidak bisa di pinggir laut. Fungsi tol itu pengembangan wilayah. Esensi jalan itulah fungsi utamanya,” katanya.
Rencana pembangunan tol ini masih digodok oleh konsorsium BUMN. Dahlan memberikan waktu 6 bulan kepada 19 BUMN untuk menyelesaikan kajian dan selanjutnya meminta izin kepada kementerian terkait untuk implementasinya.