Alutsista Terbaru Angkatan Darat Akan Dipamerkan di Pusat Kota Manado

Komandan Korem (Danrem) 131/Santiago Kolonel Inf Binarko mengumumkan dalam waktu dekat, tepatnya Rabu (21/1) dan Kamis (22/1), Korem 131/Santiago akan menggelar pameran Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) di pusat Kota Manado.
 
“Sebanyak 14 Alutsista yang akan kita pamerkan,” ungkap Danrem yang baru ini dalam sambutannya saat Coffe Morning Danrem di Aula Makorem 131/Santiago, Jalan Sam Ratulangi Manado, Jumat (16/1).

Ia menambahkan, nantinya Alutsista tersebut akan keliling Kota Manado dan masyarakat bisa menumpanginya. “Tanggal 19 malam KRI T Amboina 503 yang mengangkut Alutsista tiba di Bitung,” ungkap Kolonel Inf Binarko.

Alutsista tersebut antara lain Kopassus yang terbagi Komodo, D Max, Paksi, Casspir, MRCV. Kemudian Brigif 1/PIK Anoa. Kemudian Yonarmed VIII Kostrad antara lain meriam 105 mm /KH 178 dan Ranrik.

Untuk Yonkav VIII Kostrad yakni Tank Scorpion, dan Kivser Dam V/Brw yakni Tarantula. Seluruh Alutsista ini akan konvoi dari Bitung menuju Manado kecuali, Scorpion, karena berroda rantai.

Namun, ungkap Danrem, satu unit tank berstandar internasional tidak diikutsertakan ke Sulawesi Utara, yakni Leopard. “Beratnya mencapai 64 ton, tidak sesuai dengan medan, jembatan di sini akan hancur,” ungkap Binarko.

Untuk saat ini, lanjut dia, di Lapangan Megamas Manado telah dilakukan persiapan untuk pagelaran pameran tersebut. Di lokasi tersebut juga akan digelar lomba fotografi dan lainnya.

Sumber : Tribun