Anak-anak boleh bunuh diri di Belgia

Katakepo.blogspot.com – Belgia mengizinkan anak-anak mengakhiri hidupnya dengan jalan mereka inginkan. Ini masuk dalam undang-undang euthanasia terbaru dirilis pemerintah.
Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Kamis (31/10), euthanasia merupakan tindakan bunuh diri namun disahkan demi mengakhiri penderitaan hidup. Biasanya mereka diizinkan melakukan ini mempunyai penyakit berat dan dengan kesadaran.
Euthanasia diperbolehkan bagi mereka berusia 18 tahun ke atas namun Belgia hendak mensahkan euthanasia bagi anak-anak. Para pengacara di negara itu mengatakan tindakan ini diketahui oleh para orang tua sebagai jalan keluar dari situasi penuh depresi sebab anak-anak mereka tak kunjung sembuh. Namun hasil akhir tetap pada keinginan anak apakah mereka ingin meninggal atau tidak.
Belgia menjadi negara pertama mensahkan euthanasia bagi orang dewasa sejak 2002.
Selama satu dekade terakhir jumlah warga menginginkan tindakan euthanasia meningkat dari 235 kasus pada 2003 menjadi 1.432 pada tahun lalu. Mereka memilih cara untuk mati ini disuntikkan sejumlah obat-obatan demi menghentikan detak jantung mereka.
Hanya beberapa gelintir negara melegalkan euthanasia. Di Belanda cara ini disahkan dengan pelbagai syarat dan untuk anak 12 tahun melalui persetujuan orang tuanya.
Euthanasia telah menjadi perdebatan hingga kini. Charles Foster mengajar di hukum dan etika medis Universitas Oxford, Inggris mengatakan anak-anak tidak bisa dimintai persetujuan soal euthanasia. “Mereka bahkan belum mengetahui informasi yang benar soal tindakan ini. Malah orang dewasa masih memperdebatkan ini dan masih ada yang tidak sepakat soal konsep itu,” ujarnya.