Apa yang Buat Manusia Lebih Bahagia?

Katakepo.blogspot.com – Uang memang bukan segalanya. Namun, uang bisa memberikan jawaban. Nah, menurut sebuah studi yang dimuat dalam Psychological Sciences Journal, bukan uang yang membuat seseorang bahagia, melainkan pengalaman dan kenangan yang manis dalam kehidupan.

Studi yang bertajuk “Waiting for Merlot” ini menguraikan cara para peneliti sampai pada kesimpulan tersebut di atas. Para peneliti mempertanyakan apa sebenarnya yang membuat kehidupan terasa berarti dan membahagiakan. Apakah uang? Atau apakah yang bisa uang berikan untuk Anda?
Ternyata, jawaban yang diberikan mayoritas paritisipan adalah pengalaman dan kenangan membuat mereka lebih bijak serta menghargai hidup. Hal tersebut dibuktikan lewat mengamati ekspresi orang-orang yang tengah antre di kasir butik dan antre di depan gerbang gedung pertunjukan untuk menonton konser.
Menurut penelitian ini, pengalaman dan kenangan yang didapatkan dari sebuah perjalanan atau menonton musik secara langsung dirasa lebih berarti ketimbang sejumlah busana terbaru, gawai (gadget) terkini, dan sebagainya.

Selain itu, berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu dengan pasangan termasuk dalam kategori pencetus kebahagiaan yang tidak melibatkan sejumlah uang.

“Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pengalaman lebih berarti ketimbang barang-barang konsumtif. Sebab, pengalaman baik memberikan kenangan untuk kemajuan pada masa depan,” ujar Thomas Gilovich, Ketua Penelitian Cornell University.