April 2014, TNI AL Pimpin Latihan Angkatan Laut 18 Negara

TNI Angkatan Laut akan menyelenggarakan latihan bersama (latma) Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 pada bulan April 2014 ini. 

Latihan ini akan melibatkan angkatan laut dari negara-negara ASEAN dan sejumlah negara lain. 

Sebanyak 18 negara telah menyatakan confirmed  untuk mengikutsertakan kapal perangnya dalam latihan yang akan digelar di di Laut Natuna dan Anambas serta diikuti oleh 18 

angkatan laut dari Indonesia (koordinator dan tuan rumah), Amerika Serikat, Australia, Brunei Darussalam, China, Filipina, India, Jepang, Kamboja, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Myanmar, Rusia, Selandia Baru, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Untuk Australia dan Singapura belum diketahui keikutsertaan dalam latma ini mengingat hubungan kedua negara tersebut dengan Indonesia sedang memanas.
 
TNI AL akan melibatkan korvet Sigma Class (KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan KRI Sultan Hasanuddin-366), fregat Van Speijk (KRI Yos Sudarso-353), korvet Parchim Class (KRI Imam Bonjol-383 dan KRI Teuku Umar-385), landing ship tank (LST) Frosch Class (KRI Teluk 

Hading-538, KRI  Teluk Parigi-539, KRI Teluk Banten-516 dan KRI Teluk Cirebon-543), landing platform dock (LPD) (KRI Makassar-516), kapal cepat rudal Clurit Class, kapal patroli PC-43, pesawat patroli maritim, helikopter, serta batalyon Korps Marinir.

Rilis Dinas Penerangan Komando Armada RI Kawasan Barat (Dispen Armabar) melalui situs tnial.mil.id menyebutkan bahwa Latma Multilateral Komodo 2014 yang dilaksanakan dengan kegiatan ENCAP (Engineering Civic Action Project), MEDCAP (Medical Civic Action 

Project) dan latihan bersama pasca penanggulangan bencana alam, serta berbagai kegiatan Festival Maritim. Semua latihan bersama ini  menjadi tanggung jawab Komando Armada RI Kawasan Barat yang telah ditunjuk oleh komando atas sebagai penyelenggara.

Latma Multilateral Komodo 2014 secara bertahap mulai dilaksanakan pada bulan Maret 2014 dengan kegiatan pendahuluan berupa kegiatan pembangunan/rehabilitasi di wilayah kerja pangkalan angkatan laut (lanal) Ranai dan lanal Tarempa bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat dengan didukung personel dari batalyon infanteri TNI AD dan pangkalan-pangkalan TNI AU (lanud).

Kapal perang negara peserta Latma Multilateral Komodo 2014   direncanakan akan berkumpul  di perairan Batam  dalam rangka acara pembukaan yang akan dihadiri para  kepala staf angkatan laut, atase pertahanan dan delegasi negara peserta. 

Direktur Latihan  Laksma TNI Amarulla Octavian yang sehari hari menjabat Komandan Gugus Tempur Laut Komando  Armada RI Kawasan Barat (Guspurlaarmabar) yang diwakili Asisten Operasi Guspurlaarmabar Kolonel Laut (P) Achmad Wibisono menyampaikan bahwa, secara 

teknis kegiatan Latma Multilateral Komodo 2014 secara intensif  telah dikoordinasikan kepada delegasi  negara-negara peserta dan keterlibatan dalam pelaksanaan  ENCAP, MEDCAP dan serial latihan bersama  telah dikonfirmasikan juga kepada seluruh peserta.

Secara umum Latma Komodo Multilateral Exercise 2014 bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kesiapsiagaan dalam bentuk kerja sama menangani bencana alam. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menciptakan confidence building measure dalam rangka meningkatkan stabilitas keamanan maritim.

Sumber : Satuharapan

April 2014, TNI AL Pimpin Latihan Angkatan Laut 18 Negara | 71mm0 | 4.5

Leave a Reply