Asal-muasal Gas Kentut?

sekedar sharing aja..ga ada maksud jorok apalagi porno..keep reading..

Darimana asal Gas kentut?
Gas kentut sangat tidak menyenangkan bagi semua orang. Konsentrasi bisa buyar jika ada bau kentut. Sungguh sangat memalukan jika ketahuan kentut di muka umum. Bau kentut bervariasi bagi setiap individu bahkan pada satu individu berbeda-beda bau kentutnya tergantung komposisi bahan makanan yang dimakan. Meskipun bervariasi tetap saja bau kentut itu tidak enak.

Gas dalam saluran pencernaan atau “flatus” berasal dari (1) udara yang ditelan, (2) dibentuk di dalam usus, (3) gas yang berdifusi dari darah ke dalam saluran pencernaan. Gas dalam saluran pencernaan berupa karbondioksida, hidrogen dan metana….individu berbeda-beda bau kentutnya tergantung komposisi bahan makanan yang dimakan.
Gas yang ditelan dari luar kebanyakan adalah nitrogen dan oksigen. Normalnya sebagian besar udara ini dikeluarkan lewat sendawa. Di dalam usus halus juga dihasilkan gas sebagai reaksi dari asam lambung dan bikarbonat yang menghasilkan karbondioksida.

Bakteri yang ada dalam usus besar dapat menghasilkan gas sebagai hasil dari dicernanya sebagian dari sisa-sisa makanan yang tidak dapat dicerna di usus halus. Zat makanan ini adalah karbohidrat yang tidak bisa dicerna yaitu selulosa dari bahan makanan tumbuh-tumbuhan. Bakteri usus sangat membutuhkan proses ini untuk kelangsungan hidupnya. Disini terjadi proses relasi saling menguntungkan antara manusia dan bakteri usus.

Bahan makanan tertentu diketahui menyebabkan pengeluaran gas yang lebih besar misalnya : kacang-kacangan, kubis, bawang, kembang kol dan makanan tertentu yang mengiritasi seperti cuka. Variasi dari bahan makanan inilah yang mengakibatkan bau dan frekuensi kentut bervariasi