Awas, 7 hal ini bikin kulit terlihat tua!

Katakepo.blogspot.com – Ada banyak alasan mengapa kulit terlihat lebih tua daripada usia kalian yang sesungguhnya. Jika kalian merasa kulit kalian terlihat lebih tua, padahal kalian masih sangat muda, maka perhatikan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir oleh All Women Stalk.
1. Kebiasaan minum alkohol
Alkohol tak hanya berbahaya untuk kesehatan tetapi juga bagi kecantikan. Alkohol bisa menyebabkan munculnya kerutan, kulit kemerahan, mengurangi kolagen dan elastisitas kulit. Jika kalian memiliki kebiasaan minum alkohol, sebaiknya kurangi atau hindari segera jika tak ingin minuman tersebut merusak kulit kalian.
2. Tanning
Di Indonesia tanning memang jarang dilakukan dan tak cukup populer. Namun kalian tetap harus mewaspadai perawatan kulit yang satu ini. Efek tanning sama dengan terkena sinar matahari, sehingga perawatan ini berkemungkinan membuat kulit kalian cepat tua.
3. Merokok
Ya, merokok tak hanya menyebabkan penyakit paru-paru tapi juga bisa menimbulkan kerutan dan mengubah warna kulit kalian. Rokok juga bisa mempengaruhi warna gigi dan bibir. Jika kulit kalian terlihat kering, berkerut, kusam, ditambah dengan gigi kuning dan bibir yang menghitam, tak heran jika kalian terlihat lebih tua daripada seharusnya. Segera hindari kebiasaan merokok ini demi kecantikan kulit kalian sendiri.
4. Tak membersihkan make up
Membersihkan make up sebelum tidur adalah hal wajib yang harus dilakukan wanita. Kulit butuh bernapas dan sangat penting untuk membersihkan kulit dan pori-pori sebelum tidur. Lupa membersihkan make up bisa menyebabkan keriput dan membuat kalian terlihat lebih tua.
5. Kurang tidur
Pastikan kalian memenuhi waktu tidur yang dianjurkan. Selain untuk kesehatan tubuh, cukup tidur juga menjaga kulit tetap cantik. Kurang tidur bisa membuat kulit terlihat kusam dan terkadang memunculkan lingkaran hitam pada mata. Ini akan membuat kalian terlihat lebih cepat tua.
6. Make up
Penggunaan make up dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan kulit terlihat lebih tua. Jika kalian menggunakan make up yang tebal setiap hari, maka make up bisa berkemungkinan menyumbat pori-pori dan membuat kulit tak bisa bernapas.
7. Terlalu banyak olahraga
Olahraga memang baik, namun tidak jika berlebihan. Olahraga terlalu berlebihan memang membuat kalian membakar lemak dengan cepat. Namun jika terlalu cepat urun berat badan, penampilan kalian akan terpengaruh. Terlihat terlalu kurus bisa membuat seseorang terlihat lebih tua. Jika kalian ingin mengurangi berat badan, pastikan tidka berlebihan dan sesuaikan dengan berat badan ideal tubuh kalian.
Itulah beberapa hal yang bisa membuat kulit seseorang terlihat lebih tua daripada usia yang sebenarnya. Jika kalian merasa kulit kalian lebih tua dari usia sebenarnya, coba cek apakah ada hal-hal di atas yang menjadi kebiasaan kalian.