Awas, mandi ternyata bisa bikin tubuh sakit!

Katakepo.blogspot.com – Mandi merupakan aktivitas sehari-hari yang selalu Anda lakukan. Mandi dapat membuat tubuh Anda merasa bersih, segar, dan nyaman. Namun tahukah Anda jika kegiatan mandi yang Anda lakukan bisa menimbulkan bahaya untuk kesehatan jika Anda mandi dengan cara yang salah?

Dilansir dari healthmeup.com, berikut adalah kesalahan umum yang dilakukan oleh banyak orang saat sedang mandi.

Keramas setiap hari

Siapa sangka jika keramas atau mencuci rambut yang Anda lakukan setiap hari bisa membahayakan kesehatan tubuh khususnya kesehatan rambut Anda? Hal ini disebabkan karena sampo akan merampas minyak alami di dalam batang rambut. Jika minyak ini hilang maka rambut Anda akan rapuh, mudah rontok, dan bahkan rusak karena kekurangan nutrisi.
Sebaiknya cuci rambut Anda setiap 2-3 hari sekali sehingga Anda memberikan kesempatan minyak rambut Anda untuk mencapai ujung rambut dan membuatnya sehat berkilau.

Mandi dengan air panas

Mandi dengan air panas atau air hangat setelah seharian beraktivitas merupakan sebuah kemewahan dan menyenangkan. Itulah sebabnya banyak orang yang suka mandi dengan air panas. Namun tahukah Anda jika air panas akan membuat kulit dan rambut Anda kering? Sebab air panas akan menghilangkan minyak alami di kulit Anda. Selain itu air panas akan membuat pori-pori kulit Anda terbuka sehingga rentan terhadap kotoran dan bakteri. Sebaliknya, saat mandi dengan air dingin kulit Anda akan diremajakan.

Mengeringkan rambut dengan handuk

Mengeringkan rambut dengan handuk mungkin adalah cara yang paling cepat dan efisien. Namun hal tersebut justru berbahaya bagi rambut Anda. Hal ini disebabkan karena handuk akan merusak folikel rambut sehingga membuat rambut Anda mudah rusak dan kasar. Oleh karena itu jika ingin rambut tetap sehat dan indah, keringkan rambut dengan cara alami yaitu diangin-anginkan.

Menggunakan scrub setiap hari

Scrub atau pengelupasan bertujuan untuk mengelupas sel kulit mati sehingga dapat membuat kulit Anda senantiasa halus bercahaya. Oleh karena itulah banyak orang yang kemudian melakukan kegiatan scrubbing setiap mereka mandi dengan harapan bahwa kebiasaan ini akan membuat kulit mereka halus.

Namun menggosok kulit Anda terlalu sering justru akan membuat kulit Anda kering dan mudah terkena infeksi. Sebab kinerja kelenjar sebaceous akan terganggu. Sebaiknya lakukan scrubbing hanya 1 kali dalam seminggu.

Mencukur sebelum mandi

Baik pria maupun wanita memiliki kebiasaan untuk mencukur rambut kemaluan dan bulu-bulu halus di tubuh mereka. Biasanya kegiatan ini dilakukan sebelum mandi. Namun ternyata hal tersebut justru membahayakan kesehatan kulit sebab pori-pori Anda yang masih terbuka akan terkena sabun dan membuat bahan kimia masuk ke dalam tubuh Anda.
Disarankan, waktu terbaik untuk mencukur adalah setelah Anda mandi sebab air akan melembutkan kulit Anda sehingga kegiatan mencukur akan lebih aman.

Jarang mencuci handuk

Menjaga kebersihan handuk sangatlah penting. Sebab handuk merupakan tempat berkumpulnya bakteri dan sel kulit mati. Oleh karena itu Anda wajib untuk mencuci Anda setelah dipakai setidaknya 3-4 kali penggunaan. Mencuci handuk dengan air panas juga bisa Anda lakukan agar handuk Anda selalu bersih dan higienis.

Itulah kesalahan umum yang sering dilakukan banyak orang saat mandi dan tanpa disadari hal tersebut mampu membahayakan kesehatan. Apakah Anda juga melakukan salah satu hal dari faktor di atas?