Awas, remaja saat ini rentan terkena herpes genital!

Katakepo.blogspot.com – Sebuah studi yang dilansir dari foxnews.com melansir bahwa remaja saat ini rentan terkena penyakit herpes genital. Studi yang mengambil sampel remaja berusia 14-19 tahun ini menyebutkan bahwa tubuh remaja kurang memiliki antibodi terhadap virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1).

Alasan menurunnya tingkat kekebalan tubuh terhadap virus ini adalah pola hidup yang semakin tidak beraturan serta menurunnya tingkat kebersihan lingkungan di sekitar kita. Selain itu studi ini juga menjelaskan bahwa para remaja yang belum terinfeksi penyakit ini saat masih anak-anak akan lebih rentan terkena HSV-1 saat mereka dewasa dan mulai aktif secara seksual.

Penyakit HSV-1 umumnya ditemukan dalam bentuk luka dingin di sekitar mulut. Kemudian apabila semakin parah penyakit ini akan berubah menjadi HSV-2 yang menyerang alat kelamin.

Penyakit ini adalah penyakit yang ditularkan melalui kontak kulit secara langsung. Apabila Anda tertular penyakit ini Anda akan merasa gatal di sekitar mulut dan kesemutan. Gatal-gatal ini kemudian akan berubah menjadi luka dan kemudian dapat menyebar ke mata, jari-jari, dan daerah tubuh lainnya.

Selain kontak secara langsung, hubungan seksual juga dapat menyebarkan penyakit ini.