Bahan Peledak Sisa Perang Dunia ke II Ditemukan di Lapangan Lanud Sentani

Bahan peledak sisa-sisa Perang Dunia ke II ditemukan dilokasi tempat yang nantinya akan dilaksanakannya KKR Transformasi Papua di Sentani tepatnya di lapangan Pangkalan Udara Sentani Jayapura, Selasa (22/7), yang ditemukan  oleh Tim Zihandak Zipur 10/KYD Kodam XVII/Cenderawasih.

Danlanud Jayapura Kolonel Pnb Oka Prawira selaku Komandan Komplek dan Panitia Pelaksanaan KKR Transformasi Papua setelah melihat ditemukannya bahan peledak sisa-sisa Perang Dunia ke II melaksanakan koordinasi dengan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Drs. Christian Zebua, M.M, untuk meminta bantuan dilakukan pembersihan terhadap bahan peledak sisa Perang Dunia ke II tersebut dikarenakan lokasi yang nantinya digunakan sebagai tempat pelaksanaan KKR Transformasi Papua belum aman dan belum steril.

Selanjutnya Pangdam XVII/Cenderawasih memerintahkan kepada satuan Zipur yang ada di Kodam XVII/Cenderawasih untuk melakukan pembersihan terhadap bahan peledak sisa Perang Dunia ke II di lokasi tersebut. 

Untuk mempercepat proses pelaksanaan pembersihan tersebut, Kodam XVII/Cenderawasih mengerahkan seluruh satuan Zipur di jajarannya dengan mendatangkan Detector Metal dari beberapa satuan Zipur yang ada, guna membantu melaksanakan pembersihan di areal tersebut, sehingga diharapkan pada pelaksanaan KKR transformasi Papua yang akan diselenggarakan pada tanggal 25-26 Juli 2014 di lokasi tersebut sudah benar-benar aman dan steril.

Disamping itu dihimbau kepada seluruh masyarakat yang nantinya ikut terlibat dalam kegiatan ini  untuk dapatnya mengikuti petunjuk dari aparat keamanan, di lokasi tersebut yang sudah dinyatakan steril nantinya.

Sumber : TNI