Bahaya Mendengarkan Musik Terlalu Keras bagi Kesehatan

Mendengarkan musik memang adalah hobi yang menyenangkan. Selain bisa menghibur diri, musik juga bisa merubah mood kita. Misalnya saja, kita mendengarkan lagu-lagu slow, maka akan memungkinkan kita menjadi lebih galau, lemas dan kurang bersemangat. Atau mungkin kita yang sedang kurang bersemangat, kemudian mendengarkan musik yang berirama cepat, malah bisa membuat kita kembali bersemangat.


Musik pastinya sudah menjadi pengiring dalam kehidupn remaja. Namun, ternyata remaja banyak yang suka memutar musik dengan suara yang keras. Karena mendengarkan musik dengan volume yang terlalu keras mungkin dapat memberikan kepuasan tersendiri, apalagi jika musik yang didengarkan tersebut adalah musik yang menjadi favorit mereka. Tapi, tahukah kamu bahwa mendengarkan musik terlalu keras bisa berbahaya? Oleh sebab itu berhati-hatilah!


Berikut ini adalah efek dari mendengarkan musik yang terlalu keras seperti yang dilansir dari boldsky. com:  

  • Saraf mengalami masalah

Mendengarkan musik yang terlalu keras bisa mengakibatkan masalah saraf. Terutama saraf telinga. Jika saraf telinga mengalami kerusakan, selanjutnya bisa sampai ke saraf otak. Tentunya kamu tidak ingin kalau hal ini terjadi. Karena kalau ini terjadi bisa fatal akibatnya, dampaknya akan menjalar ke seluruh tubuh.

  • Daya konsentrasi turun

Saat kamu mendengarkan musik terlalu keras, maka kamu akan sulit untuk berkonsentrasi dan sulit dalam memahami sesuatu. Hal tersebut juga dapat mengganggu indera pendengaran kamu.

  • Mengakibatkan infeksi telinga

Efek lainnya dari mendengarkan musik terlalu keras adalah infeksi di telinga. Jangan menggunakan headset atau earphone kamu bergantian dengan orang lain. Karena bila orang tersebut menderita infeksi telinga, maka alat tersebut bisa memindahkan bakteri penyebab infeksi telinga pada kamu.




Mendengarkan Musik
  • Gangguan pendengaran

Indra pendengaran merupakan salah satu dari panca indra yang sangat penting bagi tubuh kita. Karena itu, jangan sampai alat pendengaran kamu mengalami gangguan. Hal ini bisa disebabkan karena mendengarkan musik dengan volume yamg terlalu keras. Jangan mendengarkan musik dengan volume lebih dari 90 desibel, karena dengan volume tersebut bisa mengganggu gendang telinga kamu. Dan jika hal ini dibiarkan berlangsung terus menerus akan mengakibatkan kemampuan daya dengar kamu makin menurun. Jadi, jangan gunakan headset atau earphone dengan volume keras, apalagi sampai berlama-lama.       




Ketika mendengarkan musik jangan hanya diambil manfaatnya saja, tapi perhatikan juga efek yang ditimbulkannya. Musik bermanfaat untuk kesehatan mental dan fisik. Tapi jangan mendengarkan musik dengan volume yang keras. Dengarkanlah musik dengan volume yang biasa saja. Hal ini adalah untuk menjaga kesehatan indera pendengaran kamu agar tidak terganggu.