Baterai Pengganti Kapasitas Lebih Besar Boleh Kah

Pada dasarnya, tak ada baterai pengganti yang kapasitasnya jauh lebih besar jika ukuran dan beratnya sama. Paling-paling maksimal hanya selisih beberapa puluh mAh saja. Ukuran baterai pengganti ini sebenarnya harus sama persis dengan baterai originalnya agar casing bisa menutup dengan tepat.

Sementara itu, dari sisi bobot baterai, menentukan isi bahan lithium ion yang dimasukkan dan menjadi dasar paokan cepat apakah kapasitasnya sesuai dengan baterai ORI. Lithium-Ion ini mempunyai berat jenis yang pasti, sehingga bobotnya menunjukkan kapasitasnya.

Jadi, jangan percaya pada kapasitas baterai yang jauh lebih besar yang tertera pada labelnya, kecuali kalian membeli extended baterai. Extended baterai ini disebut dengan baterai gendong, yang ukurannya lebih tebal dan lebih berat. Biasanya dijual menjadi satu dengan cover belakangnya, karena baterai akan menonjol keluar.

Tidak ada efek samping kalau kita memakai baterai pengganti yang memiliki label kapasitas lebih besar, meski sebenarnya kapasitasnya kurang besar dari baterai originalnya. Paling yang akan terasa adalah daya tahan baterainya, kok sama saja, atau malah makin boros meski di label terpampang label kapasitas gede.