Bea dan Cukai Batam Sita Ratusan Unit Ponsel

Katakepo.blogspot.com – BATAM, Dalam sepekan terakhir, petugas Bea dan Cukai Batam, Kepulauan Riau, menyita 350 unit telepon seluler aneka merek dan jenis. Seluruhnya disita di Bandara Hang Nadim, Batam.

Kepala Bidang Pengawasan dan Penindakan Kantor Bea dan Cukai Batam, Kunto Prasti, menuturkan, barang-barang itu disita dari tiga orang dalam waktu terpisah. Dari P (30) dan WS (30) disita 250 unit ponsel. “Mereka akan naik pesawat tujuan Jakarta saat hari raya Idul Adha, 15 Oktober 2013,” ujarnya di Batam, Jumat (18/10/2013).

Dua pria itu memasukkan 250 unit ponsel dalam enam koper. Karena curiga, petugas memeriksa isinya dan menemukan ratusan unit ponsel. Selanjutnya pada Rabu (16/10/2013) disita 100 unit ponsel dari BRH (39).

Semua ponsel itu juga akan dikirimkan ke Jakarta oleh pekerja di perusahaan yang melayani kargo di Bandara Hang Nadim Batam. “Barang disimpan dalam dua kardus,” ujar Kunto.

Tangkapan itu bukan yang pertama. Pada awal September 2013, disita 228 unit ponsel berbagai merek dan jenis. Barang disita dari SF (26) yang akan menuju Jakarta. “Kami belum bisa memastikan apakah produk-produk ini asli atau replika,” ujarnya.

Petugas Bea dan Cukai juga masih menyelidiki siapa pemilik barang-barang itu. Para pembawanya mengaku hanya dititipi barang-barang tersebut.