Begini Serunya Bermanuver di ‘Pesawat Tempur’ TNI AU

Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru menggelar ‘open house’. Mereka mengundang dan mengajak puluhan wartawan naik ‘pesawat tempur Hawk 200’.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Kolonel (Penerbang) Khairil Lubis mengundang sekitar 50 wartawan lokal dan nasional. Ia mengajak jalan-jalan ke seluruh fasilitas milik angkatan udara tersebut. Juga ke markas Skadron F 16 yang diresmikan KSAU Marsekal TNI IB Putu Dunia belum lama ini. Semua diizinkan untuk sekadar selfie dengan background pesawat tempur tersebut.

Selanjut, rombogan diajak ke Air Combat Manoeuvring Instrumentation (ACMI). Ruangan seperti bioskop ini merupakan tempat monitor pesawat tempur yang latihan. Di sini bisa dilihat secara real time ataupun bahan sebagai evaluasi pelaksanaan latihan pertempuran udara tersebut.

Dari lokasi ACMI, rombongan diajak ke lokasi simulator pesawat tempur Hawk 200. Simulator ini dilengkapi dengan displai yang persis melaksanakan penerbangan pesawat tempur Hawk 200.

Di ruangan tersebut, ada kokpit yang dikomandoi oleh Letkol Penerbang M Yani Amirullah. Anggota rombongan diberikan kesempatan berdiri di samping kanan kiri simulator pesawat. Saat dimulai, rasanya benar-benar berada dalam pesawat tempur.

Sebagian meminta pilot manuver di udara. Sang pilot pun menurut. Pesawat bermanuver. Teriakan menggema di ruangan tersebut. Para anggota TNI yang ada pun tersenyum melihat peristiwa tersebut.

“Ini benar-benar pengalaman yang mengasyikkan. Sekalipun ini hanya simulator, namun terasa seperti di dalam pesawat tempur,” kata Riyan Anggoro, wartawan Antara, kepada detikcom.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Kolonel Penerbang, Khairil Lubis mengatakan, pihaknya membuat acara silaturahmi ini untuk mengenalkan secara dekat sistem pertahan udara yang dimiliki TNI AU di Pekanbaru.

“Kiranya ini bisa menambah wawasan untuk mengenal lebih dekat segala jajaran di Lanud Roesmin Nurjadin,” kata Kolonel Khairil Lubis.

Sumber : Detik