Belajar Sukses dari Bill Gates

Katakepo.blogspot.com – Anda tentu mengenal Bill Gates. Bos Microsoft ini dikenal sangat visioner. Tak heran, Microsoft masih mendominasi bisnis komputer hingga saat ini.

Meski tidak menyelesaikan kuliah di Harvard, Gates dikenal sebagai pengusaha Amerika Serikat yang brilian. Berikut beberapa kunci sukses Gates seperti dilansir Inc.com:

1. Bertindak strategis
Pada 1975, Gates berani menawarkan perusahaan mikrokomputer, MITS, untuk mengerjakan perangkat lunak mikrokomputer yang baru diluncurkan saat itu, MITS Altair 8800. Padahal, ia tidak mempunyai komputer tersebut. Setelah tawaran diterima, Gates mengembangkan emulator Altair serta keduanya menjadi mitra dari MITS.

Saat raksasa komputer IBM kesulitan mengembangkan sistem operasi, Gates melihatnya sebagai peluang besar. Gates secara sukarela mengerjakan proyek tersebut, padahal ia sebelumnya tidak mempunyai pengalaman dalam sistem operasi. Kerja sama dengan IBM ini yang melambungkan nama Gates dan Microsoft.

2. Mitra yang kuat
Gates memposisikan Microsoft sebagai mitra MITS. Setelah itu, Gates juga menjalin kemitraan dengan IBM, mengisi kekosongan karena Digital Research, gagal memenuhi permintaan IBM. Gates melihat IBM sebagai kekuatan potensial dalam dunia komputer dan ia ingin memiliki peran.

3. Hati yang teguh
Sebagai mitra, Gates hanya mempunyai beberapa bulan untuk memenuhi permintaan IBM. Gates akhirnya menempuh jalan pintas, ia membeli hak sistem operasi perusahaan lain, lalu membuat MS-DOS dari dasar sistem operasi tersebut. Gates kemudian mengakui, untuk membuat MS-DOS dari awal membutuhkan waktu setahun.
Gates belum mempunyai jam terbang yang tinggi, dibandingkan tim dari IBM. Namun, Gates tetap mengatakan kepada para karyawannya untuk tetap menyerap ilmu IBM agar menghasilkan sistem operasi yang baik. Ia mengistilahkan bekerja dengan IBM seperti “menumpang beruang”. Akhirnya, ia berhasil memenuhi tuntutan dari IBM.

Dia beserta mitranya berhasil memenuhi kebutuhan IBM. Semua yang dilakukan Gates adalah eksekusi yang baik. Tiga metode Gates, bertindak strategis, mitra yang kuat, dan hati yang teguh. Anda juga dapat menerapkan cara Gates dengan mencari peluang dalam industri , bekerja bersama mitra terkuat, dan melakukan apa saja untuk membantu para mitranya berhasil.