Belasan belatung hidup di kepala pria ini

Katakepo.blogspot.com – Buruh bangunan asal Vietnam ini mengalami cobaan mengerikan. Setelah luka parah karena tertimpa besi, setahun kemudian diketahui belasan belatung hidup di dalam tengkorak Pham Quang Lanh.
Baru pekan lalu, belatung-belatung itu diketahui oleh dokter yang segera membersihkan kepalanya. Beruntung, hewan ini belum sampai ke area otak.
Dr Nguyen Duc Anh dari Rumah Sakit Umum Hanoi mengaku terkejut saat menyadari keberadaan belatung itu menyelamatkan nyawa Pham. Akibat kecelakaan kerja itu, Pham sebetulnya mengalami infeksi parah yang bisa mempengaruhi otaknya. Tapi belasan belatung ini memakan daging yang terkena infeksi, sehingga jaringan otaknya aman.
“Ada delapan kasus di dunia tentang belatung yang masuk hingga ke dalam tengkorak. Cuma (Pham) yang selamat,” kata Anh seperti dilansir Tabloid Mirror, Selasa (7/4).
Menurut Anh, belatung sejak peradaban kuno memang dikenal berguna mengatasi infeksi. Bagian tubuh yang luka parah justru dibiarkan penuh belatung agar jaringan sel yang rusak bisa dilokalisir. Dari dugaan dokter, belatung ini dibawa lalat saat mengerubungi luka di kepalanya yang menganga.
Pham mengaku tak pernah memeriksakan lukanya tahun lalu ke rumah sakit, dengan alasan biaya. Tapi pusing yang menggila pekan lalu memaksa pria 28 tahun ini akhirnya menemui dokter.
“Saya pikir luka itu baik-baik saja. Tapi ternyata sekarang memburuk,” akunya.