Beli ASI di Internet di Amerika tercemar bakteri berbahaya

Katakepo.blogspot.com – Air susu ibu atau ASI marak dijual lewat Internet namun ternyata mengandung bakteri salmonella berbahaya. Tingkatannya bahkan berpotensi mematikan jika diminum bayi.
Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Senin (21/10), 101 sampel dibeli dari situs jual beli terpopuler ternyata positif berbahaya, demikian dilansir penelitian dari rumah sakit anak Nationwide, di Negara Bagian Ohio, Amerika Serikat.
ASI tak hanya diperjualbelikan di Internet, beberapa bank khusus ASI di banyak rumah sakit juga terkontaminasi bakteri itu. Air susu dipesan harus disterilkan terlebih dahulu agar mencapai tingkat aman.
“Jika Anda nekat meminumkan ASI ini langsung pada bayi maka konsekuensi bisa sangat serius,” ujar Sarah Keim, penulis sekaligus meneliti ASI jualan Internet ini.
Sekitar 74 persen dari sampel ASI itu ternyata juga mengandung bakteri E.Coli dan Streptococcus bisa membuat diare hebat.
Dokter Kenneth Boyer dari Universitas Pusat Medis Rush di Kota Chicago mengatakan hasil penelitian ini menakutkan. “Bayangkan jika donor juga seorang pengguna narkotika. Tentu Anda tidak mengetahui hal ini,” ujarnya.
Penelitian ini tidak menyebutkan dari mana bakteri berasal, namun besar kemungkinan terinfeksi kulit pendonor, atau alat pompa ASI, dan kontaminasi dari pemindahan ASI ke botol.
Salmonella merupakan bakteri bisa ditemukan di daging ayam mentah dan kotoran manusia. Bakteri ini bisa menimbulkan diare hebat, demam, dan pelbagai kasus ekstrem bahkan bisa dehidrasi berujung kematian.