Benarkah Wanita Berambut Panjang Rentan Berketombe?

Katakepo.blogspot.com – Salah satu mitos kecantikan yang awam terdengar di kalangan masyarakat adalah rambut panjang rentan mengalami kerontokan dan berketombe. Sebenarnya, apakah hal tersebut ada benarnya atau sama sekali teori yang keliru?
“Sebenarnya yang pasti kalau rambut pendek itu paparan terhadap gesekan rambut lebih sedikit daripada rambut panjang. Jika dilihat dari segi lebih mudah rontok, mungkin ada benarnya,” terang Vivi Tri Andari, Research and Development Unilever Indonesia, Tbk.,  dalam acara jumpa pers Dove Hair Treatment di restoran Blue Jasmine, Jakarta (24/3/2015).
Namun, Vivi menegaskan bahwa sejauh ini belum ada penelitian pasti mengenai perbedaan kerusakan antara rambut panjang dan rambut pendek.
Lalu, apakah benar rambut panjang lebih mudah berketombe? Mengenai hal ini, kata Vivi, ketombe itu merupakan masalah kulit kepala. Jadi, tidak ada kaitannya dengan panjang dan pendek rambut seorang wanita.
Apabila si pemilik rambut malas merawat kulit kepala, sebut Vivi, maka kemungkinan besar kulit kepala akan gatal-gatal karena kehadiran ketombe.
“Ketika seseorang sering melakukan aktivitas di luar rumah, maka minyak alami pada kulit kepala akan bercampur dengan kotoran lain, seperti keringat. Kulit kepala jadi terkontaminasi sehingga menyebabkan jamur. Itulah yang menyebabkan rambut jadi berketombe,” ujar Vivi.
Selain itu, apabila Anda malas keramas dan membersihkan rambut, menurut Vivi, kebiasaan ini juga berisiko membuat rambut jadi sarang ketombe.
Pada akhirnya kesehatan rambut, kembali pada perawatan yang dilakukan oleh masing-masing individu. “Sama saja jika rambut panjang dirawat lebih baik ketimbang rambut pendek, atau sebaliknya. Carilah sampo yang sesuai dengan kebutuhan dan problem sendiri,” tegasnya.